JOGJA – Tim pengusul Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Ngalang, Gedangsari, Gunungkidul, Senin (12/8).

Program yang dikerjakan fokus pada kegiatan pelatihan kewirausahaan. Diadakan di Rest Area Gubuggedhe, Sumberejo, Ngalang. Dihadiri oleh perwakilan Gapoktan, KIK Purpesdes dan warga desa Ngalang.

Ketua Tim PPDM Dr Surahma Asti Mulasari MKes mengatakan, program ini sebagai upaya mewujudkan Desa Ngalang menjadi Desa Wisata Sehat dan Desa Mandiri. “Program ini merupakan program multiyears, pendanaan dari Kemenristekdikti. yang rencananya akan dilakukan dalam tiga tahun ke depan,” ujarnya di Kampus 3 UAD, di Janturan, Jogja, Jumat (16/8).

Surahma menuturkan, pelatihan yang diberikan adalah  penyuluhan kewirausahaan produk olahan sampah dan limbah, program penguatan bank sampah, praktek pembuatan briket bioarang, praktek pembuatan komposter dan kompos, pelatihan motivasi berwirausaha, pelatihan pengolahan ketela menjadi berbagai produk olahan, dan pelatihan pengemasan produk olahan.

Tim pelatihan terdiri dari Sulistyawati SSi MPH, Desta Rizky Kusuma SE MSc,  Tri Wahyuni Sukesi SSi MPH, dan Dr Fatwa Tentama SPsi MSi.Pelatihan menghadirkan narasumber dari Asosiasi Pengusaha Makanan, Minuman dan Olahan (APEMAKO) Tri Budi Astuti.

Harapannya dengan pelatihan kewirausahaan ini akan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan warga Desa Ngalang. “Untuk memanfaatkan limbah sampah rumah tangga dan limbah pertanian menjadi briket bioarang, kompos dan dimanfaatkan dalam bank sampah,” jelasnya. (*/pra/en)

Jogja Utama