JOGJA – Mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa raganya untuk kedaulatan NKRI, segenap civitas akademika Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) menggelar upacara peringatan HUT kemerdekaan RI ke-74, di Kampus STTKD, di Jalan Parangtritis, Jogja, Sabtu(17/8).

Inspektur Upacara dan Wakil Ketua 3 Bidang Ketarunaan Sudirman Hi Umar ST MT prihatin lembaga pendidikan akhir-akhir ini semakin jarang melaksanakan upacara 17-an di kampusnya masing-masing. Di STTKD, nilai-nilai nasionalisme, kedisiplinan, dan penghayatan terhadap sejarah bangsa wajib diteladani oleh segenap Civitas Akademika dan Taruna Taruni STTKD.

“Sesuai tema perayaan kali ini ‘SDM Unggul, Indonesia Maju”, akan dijadikan momentum oleh STTKD guna menciptakan SDM yang lebih unggul di bidang kedirgantaraan. Menyongsong Revolusi Industri 4.0, STTKD menyiapkan SDM yang sesuai dengan kebutuhan pasar,” ujarnya.

Sudirman menuturkan, akhir-akhir ini kita memang merasa miris mengetahui generasi muda sekarang tidak hafal Pancasila, apalagi Proklamasi dan UUD 1945. Ini merupakan fenomena sosial yang memprihatinkan. “Taruna Taruni STTKD selalu ditanamkan rasa cinta tanah air, mengenang jasa para pahlawan, dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 sebagai pilar bangsa,” ungkapnya.

Menurut Sudirman, Ketua STTKD Marsda TNI (Purn) Udin Kurniadi SE MM telah mencanangkan STTKD Go Internasional. Alumni STTKD harus bisa bersaing di lingkup nasional dan level internasional.

“Untuk itu Taruna Taruni dibekali dengan kemampuan bahasa asing yang mumpuni. Diantaranya Bahasa Inggris, Mandarin, dan Arab sudah tidak bisa ditawar lagi harus bisa dikuasai sebagai modal untuk Go Internasional,” paparnya.

Sudirman menegaskan, STTKD dikenal sebagai kampus disiplin karena kedisiplinan, yang sangat penting di dalam dunia kerja, sudah menjadi ciri khas Taruna Taruni STTKD.

“Bagi lulusan SMA, SMK maupun MA yang ingin berkarir di Dunia Kedirgantaraan, STTKD masih memberikan kesempatan s/d Awal September 2019. Selain S1 Teknik Dirgantara program studi pilihan lainnya adalah D3 Aeronautika, D4 Manajemen Transportasi Udara, D1 Pramugari, dan D1 Ground Handling. Untuk informasi lebih lanjut bisa datang langsung ke Kampus STTKD di Jalan Parangtritis KM 4,5 Yogyakarta, atau mengakses www.sttkd.ac.id,” jelasnya.(*/pra/ne)

Jogja Utama