JOGJA – Memperluas kerjasama internasional, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menyepakati kerja sama dengan RUDN University. Penandatanganan perjanjian kerja sama ini dilaksanakan di Kampus RUDN Moscow, Rusia, Kamis (1/8). RUDN University menempati peringkat 400 besar dunia versi QS World University Ranking.

Perjanjian kerjasama ini ditandatangani oleh Rektor ITNY Dr Ir H Ircham MT yang dalam kesempatan ini didampingi oleh Kepala Lembaga Kerjasama ITNY Dr Hita Pandita ST MT.  Ircham menyampaikan, kerja sama yang dijalin antara ITNY dengan RUDN University merupakan upaya ITNY untuk meningkatkan kinerja institusi di bidang riset, pendidikan, dan pengembangan entrepreneurship.

“Secara spesifik, kerjasama antara ITNY dan RUDN University akan dilakukan untuk pengembangan Program Studi Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Teknik Geologi khususnya di bidang material baru serta mitigasi bencana alam,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, rombongan dipersilahkan mengunjungi fasilitas riset dan pembelajaran di RUDN University. Penandatanganan kerjasama antara ITNY dan RUDN University ini merupakan bagian dari kunjungan 17 Perguruan Tinggi di Yogyakarta di bawah koordinasi APTISI Wilayah V dan Kepala LLDIKTI Wilayah V untuk memperkenalkan pendidikan tinggi di Jogjakarta.

Disamping penandatanganan kesepakatan kerjasama dengan RUDN University, dalam kunjungan ke Rusia ini juga dilakukan penandatanganan kerjasama dengan Moscow State University di Kampus MSU. Kemudian penandatanganan MoU dengan TOMSK University dilakukan oleh APTISI sebagai payung kerjasama bagi Perguruan Tinggi DIY yang mengikuti kunjungan tersebut di Gedung KBRI Moscow, Rusia, Jumat (2/8).

Ircham menuturkan, paska perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STTNAS), ITNY terus mengembangkan kerja sama baik nasional maupun internasional. Sesuai dengan visi untuk menciptakan technopreneur dalam energi berkelanjutan.

“Terdapat kesamaan visi antara ITNY dan RUDN University khususnya dalam hal pengembangan riset dan entrepreneurship yang menjadi dasar bagi pengembangan kerjasama ini,” tuturnya. (*/pra/er)

Jogja Utama