JOGJA – Tim putri SMP Stella Duce 1 Jogjakarta dan tim putra SMP Pangudi Luhur 1 Jogja keluar sebagai kampiun di 3 Junior Basketball Tournament. Turnamen ini merupakan event tahunan yang di gelar oleh tim Bima Perkasa Jogja (BPJ), yang merupakan klub bola basket DIJ yang berlaga di ajang Indonesia Basketball League.

Event yang berlangsung selama lima hari di GOR UNY mencapai puncaknya tadi malam (21/7). Dalam partai final, tim putri SMP Stella Duce 1 Jogja berhasil menekuk SMP Pangudi Luhur Jogjakarta dengan skor akhir 50-42. Sedangkan dipertandingan lainnya tim putra SMP Pangudi Luhur 1 Jogja berhasil mengalahkan SMPN 5 Jogjadengan skor 68-50.

Sementara itu, peringkat ketiga diraih oleh tim putri SMPN 5 Jogja setelah berhasil menumbangkan SMPN 2 Bantul dengan skor 60-13. Sedangkan tim Putra SMPN 4 Pakem sukses mengalahkan SMP Al Azhar 26 Jogja dengan skor 64-30.

Pelatih tim utri SMP Stella Duce 1 Jogja Lie Gwan Chin, tidak bisa menyembunyikan rasa gembiranya setelah melihat anak asuhnya berhasil mengatasi lawannya dalam partai puncak. “Ya, kemenangan ini berkat kerja keras dan kekompakan anak-anak,” ujarnya. “Semoga mereka bisa berprestasi lagi dimasa yang akan datang,” lanjutnya.

Sedang pelatih basket Putri SMP Pangudi Luhur Jogja Aryo Rumbono mengakui keunggulan lawannya. Namun, dia menilai kekalahan tersebut terjadi lantaran anak asuhnya terlalu banyak melakukan kesalahan. “Kami kalah bukan karena lawan bermain bagus namun karena kesalahan kami sendiri,” ujarnya. Apalagi persiapan yang dilakukan timnya cukup mepet lantaran terkendala jadwal libur.

Pemilik Bima Perkasa Jogja Edy Wibowo berharap akan ada banyak bibit-bibit potensial yang muncul dari terselenggaranya turnamen ini. “Semoga para pemain muda berbakat DIJ bisa menunjukkan kualitas permainan terbaiknya,” ujar Edy. (cr18/pra/by)

Jogja Utama