JOGJA – Program Studi Aeronautika Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta mengadakan kuliah umum dengan tema “Aeronautics Industry and Structure Maintenance”, di Kampus Disiplin STTKD, Jalan Parangtritis KM 4,5, Bantul, Jumat (19/7).

Kegiatan yang diikuti taruna dan dosen STTKD ini, menghadirkan insinyur aeronautika industri pesawat terbang dari Hamburg, Jerman, Prio Adhi Setiawan BEng MSc sebagai pembicara.

Sebagai diaspora, Prio ingin menularkan keahlian dan pengalamannya kepada para taruna penerbangan STTKD. “Milikilah “Think globally but act locally”, bahu-membahu demi memajukan industri penerbangan bangsa,” terang jebolan Teknik Sipil UI, dan Master Technical University Munich (TUM) Munich, Jerman ini.

Prio mengapresiasi banyaknya kerja sama STTKD dengan kampus luar negeri. Keuntungannya adalah akan terjadi transfer of technology dan knowledge secara berkesimbungan. “Sehingga STTKD akan menghasilkan SDM penerbangan yang handal dan mumpuni dalam industri dirgantara,” imbuhnya.

Tamu dari Hanseo University Prof Jang Won-Kweon menyampaikan, STTKD dan Hanseo University tengah gencar dalam melakukan berbagai jenis kerja sama. “Kunjungan ini untuk saling memberikan dukungan demi peningkatan kualitas pendidikan di kedua perguruan tinggi,” ungkapnya.

Prof Jang menuturkan, kehadiran rombongan dosen Hanseo University juga disertai oleh 12 mahasiswa yang berasal dari beberapa disiplin ilmu. Di masa mendatang akan banyak bentuk kolaborasi yang dilaksanakan antara STTKD dengan Hanseo University. “Ini akan mendukung langkah STTKD menjadi kampus kedirgantaraan bertaraf internasional,” ujarnya.

Pada kesempatan sebelumnya rombongan STTKD diterima dengan hangat di Kampus Hanseo University yang berlokasi di Seosan, Taean dan Namsan, Korea Selatan. (a1/din)

Jogja Utama