JOGJA – Konser musik bertitel Geopark Night Specta 4.0. menjadi ajang peringatan penobatan Gunung Sewu Unesco Global Geoprak yang memasuki tahun keempat. Konser yang diinisiasi Dinas Pariwisata DIY bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Gunungkidul menghadirkan sejumlah artis.

Antara lain Erix Soekamti, Nufi Wardhana, Gaseng Omwawes, Nanda Candra dan beberapa nama lainnya. Mereka tampil memukau. Seakan-akan menghipnotis penonton yang memadati panggung terbuka di kawasan Gunung Api Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul pada Jumat (19/7) malam.

Kursi penonton terlihat penuh sesak. Sebagian pengunjung harus rela duduk di depan dan tepi panggung. Sambutan penonton yang luar biasa itu mendapatkan perhatian dan apresiasi  Wakil Gubernur (Wagub) DIY Paku Alam X.

“Geopark Night Specta 4.0. ini dalam rangka mengaktualisasikan sekaligus mempromosikan kekayaan heritage Gunung Api Purba Nglanggeran,” ujar Wagub yang  membuka acara mewakili Gubernur DIY Hamengku Buwono X.

Dikatakan, DIY merupakan daerah tujuan pariwisata. Jogja juga menyandang predikat kota pendidikan dan budaya.  Karena itu, ingat Wagub, sumber daya manusia (SDM), sumber daya budaya dan sumber daya pariwisata menjadi komponen unggulan pembangunan ekonomi DIY.

Dengan keunggulan kompetitif itu kreativitas kelompok masyarakat dengan kegiatan berbasis kebudayaan dan kesenian harus mendapatkan  dukungan. “Demi mendukung promosi pariwisata,” pintanya.

Bupati Gunungkidul Badingah punya harapan senada. Dia ingin masyarakatnya ikut terinspirasi dan termotivasi ikut aktif melestarikan Geopark Gunung Sewu sebagai bagian dari Unesco Global Geopark Network.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata DIY Aria Nugrahadi menjelaskan, musik  memiliki bahasa universal.  Lewat pagelaran tersebut pihaknya ingin menyampaikan pesan penting. Yakni perlindungan, pendidikan dan pembangunan berkelanjutan kepada generasi milenial,

“Kami berikan penghargaan Gunung Sewu Award bagi kelompok masyarakat berkontribusi nyata dalam pengembangan situs warisan geologi,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Asti Wijayanti menambahkan, Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan salah satu geosite dan objek wisata yang terus dikembangkan.  Dia juga menilai konser Geopark Night Specta 4.0. telah sesuai target. “Khususnya menyangkut jumlah penonton,” ujar Asti. Dari data, pengunjung yang hadir sebagian dari luar DIY. Ada yang datang dari Klaten, Cilacap dan Magelang. Penonton dari luar Gunungkidul berasal dari Kota Jogja, Bantul dan Sleman. (gun/kus/fj)

Jogja Utama