JOGJA – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (FKM UAD) Jogjakarta, didukung oleh beberapa universitas di Asia dan Eropa, menyelenggarakan kegiatan seminar internasional. Bertajuk The 5th Universitas Ahmad Dahlan Public Health Conference (UPHEC) ke-5. Pada 2019 ini mengusung tema “The Role of Environmental Science to Support Healthy City Development in SDGs Era” di Grand Quality hotel Jogja, Rabu dan Kamis (3-4/7).

Wakil Rektor 4 Bidang Kerjasama dan Urusan Internasional UAD Prof Dr Sarbiran, mewakili Rektor Dr Kasiyarno MHum, menyampaikan, perkembangan ekonomi yang pesat di beberapa negara akhir-akhir ini membawa dampak terhadap peningkatan polusi udara di beberapa wilayah. “Hal ini juga berdampak terhadap kondisi demografis dan epidemiologis pada suatu ekosistem,” ungkapnya.

Menurut Prof Sarbiran, perlu adanya penguatan peran kesehatan lingkungan dalam upaya pengembangan kawasan kota sehat di era pembangunan berkelanjutan. “Terbentuknya suatu kawasan kota sehat tentunya tidak terlepas dari penguatan sistem baik dari sisi kebijakan, penyediaan infrastruktur, hingga pelaku sistem secara konkrit,” tuturnya.

Sekretaris Prodi Kesehatan Masyarakat UAD dan Ketua Panitia Seminar Faizal Rangkuti SKM MKes mengharapkan kegiatan ini dapat menjadi forum pertemuan ilmiah para akademisi, peneliti, stakeholder, pengamat masalah lingkungan dan kesehatan masyarakat. Untuk berdiskusi dan menyampaikan temuan-temuan terbaru dalam kajian kesehatan lingkungan dan kesehatan masyarakat dalam rangka mewujudkan kota sehat.“Acara ini terselenggara atas dukungan penuh dari UAD, Lembaga Penelitian dan Publikasi Ilmiah (LPPI) UAD, dan Asosiasi Institusi Perguruan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI),” imbuhnya.

Dosen Prodi Kesehatan Masyarakat UAD dan Humas Panitia Seminar A Ahid Mudayana SKM MPH menyebutkan, Pembicara Utama Seminar adalah dari Universitas Hasanuddin Prof Sukri Paiutturi PhD; kemudian Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat UAD Dr Surahma Asti Mulasari SSi MSi; selanjutnya dari Hungkuang University, Taiwan Hung-Yee Shu PhD; dari RUDN University, Russia Vasenev Vyacheslav PhD; dari Universiti Teknologi Mara, Malaysia Assoc Prof Dr Ahmad Taufik Jamil; dan dari Mahidol University, Thailand Assoc Prof Kraichat Tantrakarnapa. (*/a11/pra/er)

Jogja Utama