JOGJA – Salah satu wahana di Taman Pintar, Taman Air Menari dibuka kembali untuk umum. Setelah beberapa waktu lalu dilakukan renovasi. Yang terbaru kini wahana Taman Air Menari itu dilengkapi dengan kincir angin.

“Pembaharuannya lebih kepada maintenance atau perawatan, juga ada kincir air di atasnya,” ujar Kepala Bidang Pengelolaan Taman Pintar Afia Rosdiana disela pembukaan kembali wahana Taman Air Menari Selasa (2/7).

Taman Air Menari merupakan wahana yang berada di luar ruangan Taman Pintar. Wahana ini dibuat untuk memberikan kesempatan pada anak-anak bereksplorasi di luar ruang sambil mengasah kemampuan motorik dan imajinasinya dengan bermain air.

Afia menyebutkan, wahana tersebut memang menjadi favorit pengunjung terutama anak-anak. Dia pun memaklumi apabila banyak kerusakan di beberapa titik wahana. “Di satu sisi kami senang ya berarti wahana ini menjadi media pembelajaran dan bermain yang disukai anak-anak. Di sisi lain kami juga sedih karena banyak dari orang tua belum sepenuhnya mengedukasi bagaimana menjaga fasilitas publik,” ungkap Afia.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jogja Maryustion Tonang dalam kesempatan tersebut menambahkan, Taman Pintar saat ini sudah menjadi salah satu destinasi wisata tujuan wisatawan. Saat berkunjung ke Jogja, salah satu tujuan utamanya ke Taman Pintar.

“Agar tidak mudah ditinggalkan pengunjung dalam durasi waktu tertentu, Taman Pintar harus bisa melakukan update dan upgrade dengan mengikuti perubahan selera dan perilaku pengunjung. Salah satunya pembenahan Taman Air Menari ini yang menarik minat anak-anak,” papar mantan Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Kota Jogja itu. (ita/pra/by)

Jogja Utama