JOGJA – Sejumlah mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) yang tergabung dalam Gibran Agency mengajak  masyarakat mengenang dan mengenal pelukis Tino Sidin, Senin ( 27/5). Tino Sidin adalah pelukis yang terkenal karena membawakan acara di TVRI medio 1980.”Tema yang kami usung Ekspress Your Wild Imagination,’’ ujar Managing Director Gibran Agency Kesya Cahyaning Murti.

Acara tersebut melibatkan anak-anak usia sekolah dasar (SD). Mereka daiajk untuk mengikuti drawing runs di Lapangan Dasawarsa, Kasihan, Bantul. Anak-anak diajak melihat lingkungan sekitarnya. Kemudian berimajinasi dan menuangkannya dalam bentuk lukisan. Sedangkan museum tour, mengajak para peserta mengenal Tino Sidin di Museum Tino Sidin. Kesya berharap Museum Tino Sidin di Jalan Tino Sidin 297 Kadipiro, Kasihan, Bantul.

Kesya mengatakan pentingnya generasi milenial mengenal Tino Sidin karena pelukis tersebut punya pandangan untuk mengajak masyarakat tidak takut mengekspresikan diri lewat menggambar dan melukis. “Nilai yang ditanamkan Tino Sidin adalah jangan takut-takut dalam menggambar,’’ tegasnya.

Panca Takariyati. Selaku anak Tino Sidin mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya ini sangat positif. Karena masih ada generasi muda yang memerhatikan museum dan segala hal peninggalan ayahnya.”Terima kasih karena ada yang peduli dan mengenalkan kembali Tino Sidin. Jangan ragu, main saja ke sini untuk melihat peninggalan beliau,” tegasnya.(*/din/er)

Jogja Utama