JOGJA – Proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA tahun ajaran 2019/2020 di DIJ untuk kelas khusus olahraga (KKO) sudah dimulai. Tahun ini KKO di SMA 4 Jogjakarta menyediakan satu kelas untuk 36 orang siswa.

Sekretaris pengelola KKO SMA 4, Saryadi mengatakan, tahun ini ada penambahan kuota KKO, dari tahun kemarin yang kuota masih 32 siswa. KKO di SMA 4 Jogja, dengan 10 cabang olahraga yaitu, sepak bola, basket, voli, bulu tangkis, tenis meja, taekwondo, atletik, renang, panahan.

Menurut dia, dari tahun lalu peminat banyak di cabang olahraga sepak bola dan basket. “Tercatat sudah ada 80 yang mendaftar. Sementara itu yang sudah menyerahkan formulir dan mengembalikan 75. Mengumpulkan SKL (surat keterangan lulus) sampai siang ini ada 14,” katanya Selasa (11/6).

Untuk bisa masuk di KKO SMA 4, tak hanya nilai yang diperhitungkan. Mereka juga akan dites. SMA 4 Jogja bekerjasama dengan UNY untuk tes bakat. “Tes dilakukan pada rabu (12/6) di FIK UNY,”  tambahnya.

Para siswa yang mendaftar akan diseleksi berdasarkan, nilai ujian nasional dengan bobot 25 persen, tes bakat olahraga 65 persen, dan nilai prestasi non akademik di bidang olahraga 10 persen. Begitupula untuk peraih juara 1-3 untuk berbagai jenjang kejuaraan. Sedang untuk peserta didik luar DIJ sertifikat harus nasional.

“Harapanya yang masuk kelas KKO punya skill dan pengetahuan bisa imbang. Karena Kalau di salah satu yang berkembang untuk maju mencapai prestasi mengalami kesulitan. Kalau pandai untuk pola pikir lebih mudah,” paparnya. (cr8/pra/zl)

Jogja Utama