JOGJA – Lebaran hari ketiga dimanfaatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersilaturahmi ke kediaman Raja Keraton Jogjakarta, Sri Sultan Hamengku Bawono kaping 10. Tepat pukul 10.36 Mercedes-Benz H, B 1060 RFS memasuki regol keben. Jolowi ditemani istrinya, Iriana, dan cucunya, Jan Ethes.

GKR Mangkubumi dan KPH Wironegoro menyambut Jokowi di regol tengah. Di sisi dalam, HB ka 10 ditemani GKR Hemas dan GKR Bendara telah menunggu. Setelahnya bersama-sama berjalan menuju Gedong Jene.

“Pertemuannya tertutup. Tidak tahu apa yang dibicarakan, sekitar 30 menit. Disambut oleh Ngarso Dalem, GKR Hemas dan putri-putrinya,” jelas Kabag Humas dan Protokol Kepatihan Pemprov DIJ, Ditya Nanaryo Aji, Jumat (7/6).

Selang 30 menit, tepatnya 11.09, Jokowi keluar dari Bangsal Ponconiti. Kali ini, HB ka 10 mengantar langsung kepulangan Jokowi. Usai memasuki mobil sedan berwarna hitam, rombongan meninggalkan Keraton Jogjakarta.

Kehadiran Jokowi dan keluarga ternyata telah dinanti warga. Antrean warga menunggu di sisi luar regol keben. Saat mobil melintas, warga memanggil nama Jokowi dan berharap foto bersama.

“Tadi tahunya dari tukang becak. Langsung buru-buru ke sini. Tidak sempat foto dan salaman, tapi saya video. Senang, bisa melihat langsung,” kata salah seorang wisatawan asal Sidoarjo, Jawa Timur, Erick Sam Sinaga.

Usai bertemu HB ka 10, rombongan presiden menuju Gedung Agung. Tak menunggu lama, kali ini Jokowi ditemani kedua putranya, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep menuju Masjid Syuhada, Kotabaru. Untuk Salat Jumat. Sang cucu, Jan Ethes ikut Salat Jumat.

Kehadiran Jokowi mencuri perhatian warga sekitar. Tidak hanya jamaat Salat Jumat, juga warga lainnya. Ratusan warga yang menunggu berebut untuk bisa ber-swafoto bersama Jokowi.

Retno Hastuti Ningsih, 60 tahun, tidak menyangka akan bertemu Jokowi. Niat awal, bersama sang suami, Teguh Purwanto, 60 tahun, mencari tempat ibadah. Mengetahui ada Jokowi dan keluarga, perempuan sepuh ini tidak menyia-nyiakan kesempatan.

“Awalnya tidak boleh mendekat (oleh Paspamres), tapi Pak Jokowi lihat dan diminta saya mendekat. Tadi yang motoin selfie pak Jokowi sendiri. Dapat dua foto, senang sekali,” katanya sumringah.

Jokowi dan keluarga memanfaatkan cuti lebaran dengan maksimal. Setibanya di Gedung Agung, langsung melakukan pembagian sembako kepada warga, Kamis (6/6). Malam harinya bersama cucu dan anaknya, mengunjungi Malioboro Mall. Perjalanan pulang menuju Gedung Agung diantar menggunakan kereta kuda.

Sama seperti hari sebelumnya, Jokowi dan keluarga kembali naik kereta kuda. Bedanya, kali ini dua kereta kuda telah disiapkan menuju Gedung Agung. Momen ini dimanfaatkan warga bertegur sapa langsung dengan presidennya. (dwi/iwa/fj)

Jogja Utama