SLEMAN – Seolah menjadi agenda rutin, tiap libur Lebaran kantor pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman selalu ramai diserbu masyarakat. Seperti Jumat (31/5). Sebagian besar warga mengurus administrasi mutasi kependudukan.

Dari pagi hingga siang kemarin sedikitnya 71 warga Sleman melakukan pencatatan sipil. Sebanyak 252 mengurus administrasi perpindahan penduduk serta memperbaharui e-KTP dan kartu keluarga (KK). Ada pula 185 orang melakukan perekaman e-KTP baru. Sedangkan 203 lainnya mengambil dokumen yang telah jadi.

Kepala Disdukcapil Sleman Jazim Sumirat memastikan layanan administrasi kependudukan tetap dilayani selama libur Lebaran. Baik layanan pengurusan akta kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian, maupun pengangkatan anak. “Mutasi penduduk dan pengurusan kartu identitas anak (KIA) juga kami layani,” ujarnya.

Salah seorang yang tampak sibuk saat itu adalah Witjiarti. Dia dalah dukuh di Kecamatan Ngaglik. Dia datang di kantor disdukcapil untuk membantu beberapa warganya mengurus perpindahan domisili. Dari Kota Jogja ke Sleman. Witjiarti juga melakukan perekaman e-KTP.

Witjiarti mengapresiasi layanan administrasi yang tergolong cepat dan mudah. Semua dokumen yang telah diajukan  akan selesai 7 Juni mendatang. “Hanya saat menunggu antrean yang sedikit lama. Karena memang banyak yang butuh pelayanan,” katanya.(cr7/yog/tif)

Jogja Utama