JOGJA – Sebanyak 2.000 porsi gudeg di-bagikan gratis di kawasan Malioboro, Sabtu (23/3). Sebanyak 1.000 porsi dibagikan siang hari, pukul 12.00 dan 1.000 porsi lagi dibagikan sore harinya.

Pembagian gudeg gratis untuk masyarakat dan wisatawan ini dalam rangka memeriah-kan festival kuliner yang diadakan Dinas Pariwisata Kota Jogja bekerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Gudeg DIJ, IFBEC, dan juga Malioboro Mal. Kegiatan yang meng-usung tema ”Wonderfood Otentik Jogja” ini diikuti 16 stan khusus gudeg

Mereka berasal dari beberapa hotel dan penjual gudeg yang su­dah terkenal di Kota Jogja.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jogja Maryustion Tonang menga­takan, kegiatan ini merupakan salah satu agenda untuk mengem­bangkan sekaligus mensinergikan potensi wisata yang ada. Festival ini sebagai salah satu upaya un­tuk ikut mengembangkan dan memromosikan kuliner khas Jogja. ”Jogja itu identik Maliboro dan gudegnya,’’ ujarnya.

Wakil Wali Kota Jogjakarta Heroe Purwadi mengatakan, kuliner me­rupakan salah satu tulang pung­gung industri pariwisata yang tumbuh di Jogjakarta. Dan seka­rang ini kuliner telah berkembang sangat pesat. Mulai dari yang tra­disional sampai ke modern. ”Ini semakin menjadi daya tarik wi­satawan untuk datang ke Jogja­karta,’’ jelasnya. (cr8/din/ong)

Jogja Utama