RADARJOGJA.CO.ID – Dua orang pelaku AM (19) warga Seyegan dan Tr (26) warga Purbalingga, Jawa Tengah ditangkap pada Kamis 3/8 dini hari di Purwokerto, Jawa Tengah,milik seorang perempuan sopir taksi yang menimpa Catur Ari Trianingsih warga Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati pada 31 Juli 2017 lalu akhirnya berhasil terungkap.

Hanya berselang 3 hari sejak peristiwa perampasan yang terjadi di Bulak Persawahan Padukuhan Ngetiran, Desa Sariharjo, Kecamatan Ngaglik tersebut, tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Ngaglik berhasil menangkap dua orang pelaku pembegalan sekaligus barang bukti mobil Honda Brio milik korban yang sempat dibawa kabur.

Kapolsek Ngaglik Kompol Danang Kuntadi mengatakan terungkapnya kasus ini berawal dari olah TKP yang dilakukan oleh anggotanya. Dalam olah TKP tersebut, polisi mendapatkan petunjuk penting berupa rekaman CCTV di TKP awal yakni di daerah Seturan, tempat kedua pelaku memesan taksi online.

Dari hasil rekaman ini, kami berhasil mengedentifikasi kedua pelaku.Berbekal identitas tersebut, perburuan pun kemudian dilakukan. Dari hasil penelusuran anggota berdasarkan jalur pelarian Tr dan AM, didapatkan informasi mengenai alamat-alamat yang mungkin menjadi tujuan pelarian duo pemuda pembegal itu. Hingga akhirnya kemudian petugas berhasil mengendus lokasi persembunyian keduanya di wilayah Purwokerto.

“Tr dan AM kami amankan saat bersembunyi di rumah kerabat Tr,” ujar mantan Kabag Ops Polres Bantul ini.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Ngaglik, Iptu Made Wira Suhendra menambahkan barang bukti mobil hasil kejahatan sendiri dapat diamankan dalam kondisi utuh. Yang berubah hanyalah plat nomor yang sudah diganti oleh pelaku saat dalam pelarian di wilayah Salaman, Magelang, Jawa Tengah.Mobil juga kita temukan di rumah yang dijadikan persembunyian oleh para pelaku.

Adapun berdasarkan hasil pemeriksaan, keduanya nekat melakukan aksi pembegalan lantaran terbelit kebutuhan hidup. Sedangkan untuk komplotan tersebut masing-masing berbagi peran layaknya penjahat profesional. AM berperan sebagai pemesan taksi online sedangkan Tr sebagai eksekutor.Tr ini yang membekap korban dan menendangnya keluar dari mobil.(sky/ong)

Jogja Utama