SETIAKY/RADAR JOGJA
SELAMAT YA…: Kepala Dinas PUP-ESDM DIJ Rani Sjamsinarsi saat memberikan tropi pada pemenang lomba Hari Bakti ke-69 PU, kemarin (3/12).
JOGJA- Peringatan Hari Bakti ke-69 Peker-jaan Umum diharapkan menjadi momentum membangun kesetiakawanan dan etos ker-ja insan pekerjaan umum dan perumahan rakyat
Mereka diharapkan bersatu padu memacu semangat dan pengabdian menghadapi tugas, tanggung jawab, dan tantangan ke depan yang semakin berat.”Hari bakti ini harus dimaknai sebagai kembali ke khittah atau kembali ke garis perjuangan,” ungkap Assekprov Perekonomian dan Pembangunan Setprov DIJ Didik Purwadi saat menjadi inspektur upacara Hari Bakti ke-69 Pekerjaan Umum di Stadion Mandala Krida, kemarin (3/12).
Kembali ke khittah yang di-maksudkan Didik adalah insan pekerjaan umum dan perumahan agar ikut mewujudkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat melalui pengelolaan sumberdaya air yang mendukung kedaulatan pangan, ketahanan air, dan pengendalian daya rusak air. Juga pembangun sistem konek-tivitas serta aksesibilitas jalan antarwilayah dan pusat pertum-buhan serta daerah terisolisasi.
Demikian pula penyelenggara-an sarana dan prasarana dasar perumahan serta permukiman seperti air minum dan sanitasi yang sehat. “Tersedianya rumah ataupun tempat tinggal yang layak dan terjangkau bagi semua,” kata Didik yang menjadi irup mewakili Gubernur DIJ Hamengku Buwono X sekaligus membaca-kan pidato Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Basuki Hadimuljono.
Peringatan Hari Bakti Peker-jaan Umum Tingkat DIJ itu juga dibarengkan dengan HUT ke-43 Korps Pegawai Republik Indo-nesia (Korpri). Sebagai bagian dari anggota Korpri, insan pe-kerjaan umum diharapkan juga menjadi pemersatu bangsa da-lam rangka ikut mewujudkan Nawacita, reformasi birokrasi, dan revolusi mental.
“Anggota Korpri harus hidup sederhana, kurangi kegiatan-kegiatan seremonial, layani ce-pat masyarakat dan tinggalkan mentalitas priyayi,” lanjut Didik.
Jalannya upacara Hari Bakti ke-69 Pekerjaan Umum dan HUT ke-43 Korpri yang digelar Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mine-ral (PUP-ESDM) DIJ berjalan sederhana namun khidmat. Tak kurang dari seribu peserta upa-cara mengikuti upacara tersebut. Mereka bukan hanya pegawai Dinas PUP –ESDM DIJ. Namun juga para karyawan dinas PU dari kabupaten dan kota se-DIJ.
Sebagian besar peserta upacara mengenakan baju putih lengan panjang, dasi dan bawahan hitam. Hanya irup dan beberapa pejabat struktural Dinas PUP-ESDM DIJ yang mengenakan stelan jas. Di antaranya Kepala Dinas PUP-ESDM DIJ Rani Sjamsinarsi, Sekretaris Dinas PUP-ESDM DIJ Bambang WS, dan sejumlah kepala bidang dan balai di lingkungan Dinas PUP-ESDM DIJ.
Usai upacara diumumkan para juara lomba dalam rangka Hari Bakti PU. Tenis meja dimenangkan Balai Ipal, tenis lapangan dijuarai Balai Sabo A dan bulu-tangkis pemenangnya adalah Balai Besar Wilayah Sungai Serayu-Opak (BBWSO) A.
Malam hari sebelum upacara juga dia-dakan tirakatan di gedung PIP2B DIJ Jalan Kenari 14A Jogja. Dalam tirakatan itu ditandai pemotongan tumpeng oleh kepala dinas PUP-ESDM DIJ. Selain dihadiri para, hadir pula mantan Kepala Dinas PU DIJ Bayudono.(eri/amd/ong)

Jogja Utama