alexametrics Category: Jogja Utama • Radar Jogja

Libur Panjang, Target Okupansi Hotel 80 Persen

Menyambut libur panjang di pekan terakhir bulan Oktober ini, Dinas Pariwisata DIJ melakukan berbagai langkah untuk kegiatan wisatawan. Kepala Dinas Pariwisata DIJ Singgih Raharjo mengatakan, pihaknya telah mendorong Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (ASITA) DIJ untuk menyiapkan paket-paket wisata. Hingga saat ini tercatat sudah ada 94 destinasi wisata di DIJ yang bisa dikunjungi.

Sudah Jual Tiket, Belum Kantongi Rekomendasi

Meski masih menunggu hasil verifikasi lapangan yang belum turun, tempat hiburan bioskop mulai beroperasi. Hal ini terbukti dalam penjualan tiket yang sudah beredar di website Senin (26/10).

Khawatir Antrean Penyaluran BPUM

Penyaluran program bantuan produktif usaha mikro (BPUM) dari pemerintah pusat dikhawatirkan akan menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.

Merapi Berpotensi Erupsi dalam Waktu Dekat

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Jogjakarta Hanik Humaida memastikan adanya peningkatan aktivitas Gunung Merapi. Salah satu indikasinya adalah kondisi visual dan data pendukung. Sehingga erupsi Gunung Merapi berpotensi terjadi dalam waktu dekat.

Dijadikan Momentum Tertib Administrasi

Puncak Hari Santri Nasional (HSN) 2020 tingkat DIY digelar di kantor PWNU DIY Jalan MT Haryono Yogyakarta. Kegiatan  dikemas dalam bentuk pengajian Ahad Wage & Puncak Hari Santri Nasional bertema Santri Sehat Indonesia Kuat. Puncak HSN 2020 ini juga mendapatkan dukungan dari Dinas Pariwisata DIY.

LC Yogyakarta Manggala Mataram Gelar Fashion Show

Lions Club (LC) Yogyakarta Manggala Mataram, District 307-B2 Indonesia, menggelar acara fashion show. Acara diadakan di Atrium Hartono Mall, Minggu 25 Oktober 2020. Tentu, acara ini digelar dengan protokol kesehatan ketat karena masih masa pandemi.

Long Weekend, Laboratorium PCR Tak Libur

Pelayanan fasilitas kesehatan maupun laboratorium uji sampel Covid-19 dipastikan tetap beroperasi secara optimal di masa libur panjang dan cuti bersama pada 28 Oktober mendatang.

Dorong Percepatan Penetapan Lokasi Tol Jogja-Bawen

Evalusi atas konsultasi publik pembangunan jalan tol Jogja-Bawen segera dilakukan Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (DPTR) DIY. Evaluasi itu diperlukan setelah melihat perkembangan di lapangan. “Hasilnya semua yang terdampak menyatakan setuju,” ujar Kepala DPTR DIY Krido Suprayitno saat dihubungi Minggu (25/10).

Tamba Kangen, Dorong Tetap Berkarya

Saat ini Dinas Kebudayaan DIY terus menaruh fokus terhadap 56 desa budaya di seluruh DIY. Dengan rincian, 15 desa budaya di Kabupaten Gunungkidul, 15 desa budaya di Kabupaten Kulonprogo, 15 desa budaya di Kabupaten di Sleman, 12 desa budaya di Kabupaten di Bantul, dan 2 desa budaya di Kota Jogja.

Polresta Ikut Awasi Penegakan Prokes

Sebagai kawasan percontohan, penegakan prokes semakin ditingkatkan di Malioboro. Tak cukup hanya pakai masker tapi juga dengan face shield. Jajaran Polresta Jogja pun ikut turun langsung dengan membagikan face shield ke pengunjung Malioboro.

Jadi Tontonan dan Tuntunan Masyarakat

Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY menggelar pentas seni daring desa atau kelurahan budaya di Provinsi DIY pada 20 Oktober lalu. Gelaran ini diharapkan dapat mewadahi segala kreativitas masyarakat di desa budaya selama pandemi Covid-19.

Warga Terdampak Tol Sulit Cari Lahan Pengganti, HB X: Kami Juga Sulit

Sejumlah warga terdampak Tol Jogja-Solo mengeluh kebingungan mencari lahan pengganti. Sebab mereka hanya diberi ganti rugi dalam bentuk uang.

Menanggapi hal ini, Gubernur DIJ Sultan Hamengku Buwono X menegaskan tidak bisa memfasilitasi pencarian lahan pengganti. HB X sendiri mengaku Pemprov DIJ juga kesulitan mencari lahan pengganti. Sebab menurutnya untuk membangun rumah tidak sekadar mencari tanah yang bisa dibeli.

PKL Tanpa Tempat Cuci Tangan

Kesadaran pemilik usaha untuk menerapkan prokes belum sepenuhnya terwujud. Terbukti dari giat penegakan prokes di sepanjang Jalan Tamansiswa yang digelar Satpol PP Kota Jogja, masih ditemukan pelanggaran

Konsolidasi Internal Menangkan Calon dari PKB

Anggota Fraksi PKB DPR RI H. Sukamto SH melakukan road show ke tiga kabupaten yang menyelenggarakan pilkada. Dimulai dari Kabupaten Sleman pada Minggu (18/10), dilanjutkan Gunungkidul pada Selasa (20/10) dan diakhiri di Bantul Rabu (21/10).

Hotel Mutiara akan Jadi Sentra UMKM

Sisi utara Hotel Mutiara di Jalan Malioboro direncanakan akan dikembangkan menjadi sentra UMKM. Untuk itu, Gubernur DIJ Hamengku Buwono (HB) X melakukan kunjungan lapangan ke Hotel Mutiara di Jalan Malioboro, Rabu (21/10).

Kader Golkar Jangan Bersikap Cengeng

Ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara menjadi agenda tetap DPD Partai Golkar DIJ. Khususnya saat hari kelahiran partai berlambang pohon beringin yang diperingati setiap 20 Oktober.