RADAR JOGJA – Tim Voli Pasir Ganevo putra dan putri berhasil mengawinkan gelar dalam Kejuaraan Daerah (Kejurda) Bola Voli Pasir Junior DIJ 2022. Mereka mendominasi semua gelar di partai puncak yang digelar di Lapangan Voli Pasir, Kompleks Stadion Mandala Krida Jogja, kemarin Jumat (1/7).

Tim Putra Ganevo 1 yang terdiri dari Imam Ahmad Faisal dan Bima Ardya Putra berhasil mengalahkan rekan satu klubnya, Tim Ganevo 2, yang diperkuat Fauza Zuflih dan Arya Teguh Pramana di babak final. Imam-Bima menang dua set langsung dengan skor 21-10, 21-11. Peringkat ketiga ditempati oleh tim Ganevo 3 yang mengalahkan Perpagi Bantul.

Di kelompok putri, Tim Ganevo 1 yang diperkuat Syavina Amelia Erry dan Alika Dewi Hapsari berhasil menjadi kampiun usai mengalahkan rekan satu klubnya, Adisty Kumala Khansa dan Azkiya Sani dari Tim Ganevo 2. Sementara tempat ketiga diduduki oleh tim Ganevo 4 yang menang atas Tim Maju Lancar.

Sempat tertinggal di set pertama, Amelia-Alika berhasil memaksakan rubber set dan mengakhiri pertandingan dengan skor 21-16, 13-21, dan 4-15. Alika mengaku sempat kewalahan di set pertama. Di set pertama cukup menguras stamina dan mental mereka. Tapi mereka tidak menyerah begitu saja. “Fokus untuk bisa merebut set kedua dan akhirnya comeback di set penentu,” ucap atlet berusia 17 tahun ini.

Para jawara dalam Kejurda ini berhak mendapatkan piala dan uang pembinaan. Juara pertama putra dan putri berhak membawa pulang uang pembinaan Rp 1,5 juta. Kemudian juara dua Rp 1 juta dan juara ketiga Rp 750 ribu. Sedangkan juara keempat mendapatkan Rp 500 ribu.

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIJ Djoko Pekik Irianto berharap ada regenerasi untuk atlet-atlet voli pasir nasional dari Kejurda ini. “Saya harap dari atlet-atlet yang terjun di Kejurda ini bisa menggantikan atlet-atlet senior di pelatnas. Itu salah satu kontribusi DIJ yang selalu menyumbang atlet voli pasir di berbagai event, baik nasional maupun internasional,” harapnya.

Seperti yang diketahui, tiga atlet bola voli pasir DIJ berhasil meraih medali emas dan perak pada ajang Sea Games XXXI di Hanoi, Vietnam pada Mei lalu. Mereka adalah Gilang Ramadhan, Ade Chandra, dan Sari Hartati.(cr5/din)

Jogja Sport