RADAR JOGJA – Sebanyak 37 tim bola voli pasir se-Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) ikut meramaikan ajang Kejuaraan Daerah (Kejurda) Bola Voli Pasir Junior DIJ 2022. Event yang digelar di GOR voli pasir Kompleks Stadion Mandala Krida itu berlangsung selama tiga hari. Sejak 28 Juni sampai hari ini (1/7).

Sekretaris Umum (Sekum) Pengda PBVSI DIJ Priya Santosa mengatakan, ajang ini ditujukan sebagai sarana kompetisi berjenjang bagi atlet-atlet muda di Kota Gudeg. Sekaligus menjadi agenda tahunan yang digelar Pengda PBVSI DIJ. “Pembinaan harus dilakukan secara berjenjang. Saya berharap atlet-atlet bola voli pantai junior DIJ bisa terus berkembang dan melanjutkan prestasi yang diraih senior-seniornya selama ini,” ujar Priya.

Selain sebagai pembinaan, Kejurda bola voli junior juga menjadi sarana dalam menjaring atlet-atlet yang akan dikirim ke ajang Kejurnas Junior. “Ini juga menjadi bagian dari kami melakukan seleksi atlet guna tampil di Kejurnas mendatang,” kata pria yang juga Kepala Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Disdikpora DIJ itu.

Dari total 37 tim yang ambil bagian di Kejurda tahun ini, 19 tim di antaranya datang dari kelompok putra. Sedangkan sisanya adalah kelompok putri. Kejurda menggunakan sistem pertandingan setengah kompetisi. Para peserta dibagi dalam beberapa grup dalam babak penyisihan. Kemudian pada babak lanjutan menuju final memakai sistem gugur.

Anggota Bidang Pembibitan, Pembinaan, dan Prestasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIJ Wesley Tauntu mendukung penuh ajang tersebut. Dia menilai sejauh ini pembinaan di cabor bola voli pasir DIJ sudah berjalan cukup baik. “Kejurda junior ini menunjukkan keseriusan Pengda PBVSI DIJ dalam membina atletnya. Soalnya baru akhir pekan lalu DIJ menjadi tuan rumah Sirkuit Nasional, sekarang dilanjutkan menggelar Kejurda junior,” ucap Wesley. (ard/din)

Jogja Sport