RADAR JOGJA – PSS Sleman U-16 bersiap ambil bagian dalam turnamen Nusantara Open 2022. Ajang ini rencananya digelar pada 16-31 Juli mendatang di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat. Turnamen yang digagas Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto itu akan melibatkan sejumlah akademi dari klub Liga 1.

Kepala PSS Development Center Anang Hadi Saputra mengatakan, turnamen Nusantara Open bagus untuk mengukur sejauh mana hasil latihan tim. Sekaligus sebagai persiapan mengikuti kompetisi Elite Pro Academy (EPA) musim depan. “Kami dari PSS Development Center siap mengikuti turnamen ini. Tim yang akan kami turunkan kelompok umur 16 tahun ke bawah,” ujar Anang Hadi.

Anang Hadi menjelaskan, pemain yang diikutsertakan dalam turnamen tersebut yaitu diutamakan kelahiran 2006. Hal itu sesuai regulasi pada kompetisi EPA. Soal target, Anang Hadi ingin membawa Super Elja Muda menjadi yang terbaik di ajang tersebut. “Untuk target secara individu bagi pemain, yakni jelas ingin anak-anak bermain di turnamen tersebut. Kalau untuk target tim, kami bisa meraih juara,” ucapnya.

Jelang menghadapi turnamen Nusantara Open, PSS U-16 sudah melakukan rangkaian persiapan selama kurang lebih tiga bulan. Super Elja Muda juga menggelar seleksi pemain dari SSB di Sleman. “Kami memrioritaskan pemain lokal dari SSB di Sleman. Melalui turnamen ini kami bisa melihat sejauh mana mereka berkompetisi dengan tim-tim dari luar Sleman,” kata mantan gelandang PSS itu.

Pria yang berposisi gelandang serang ketika masih aktif bermain sepak bola itu menuturkan, Nusantara Open jadi tantangan tersendiri bagi jajaran tim pelatih PSS Development Center. Utamanya dalam upaya memaksimalkan potensi pemain lokal Bumi Sembada untuk bersaing di turnamen tersebut.

Adapun turnamen Nusantara Open digelar sebagai bentuk kepedulian Prabowo Subianto bagi kemajuan sepak bola Tanah Air. Melalui scouting terintegrasi yang dilakukan oleh Akademi Nusantara bertujuan untuk mencetak generasi emas yang diharapkan bisa mewakili Indonesia di kancah dunia. Hal itu diungkapkan Ketua Pelaksana turnamen Nusantara Open 2022 Aji Bintara beberapa waktu lalu. (ard/din)

Jogja Sport