RADAR JOGJA – PSS Sleman berhasil lolos ke perempat final Piala Presiden 2022. Itu setelah Super Elang Jawa -julukan PSS- mengandaskan Dewa United dengan skor tipis 1-0 di Stadion Manahan, Solo Senin sore (27/6). Gol kemenangan PSS dicetak oleh gelandang serang Ze Valente pada menit ke-71.

Kemenangan ini membuat pasukan Seto Nurdiyantara mengemas poin tujuh di tabel klasemen akhir. Poin mereka tak mampu dikejar oleh dua pesaing lainnya, Persita Tengerang dan Persis. Dengan hasil ini, Super Elja berhak menemani PSIS Semarang yang sudah memastikan lolos dengan 10 angka. Di babak perempat final PSS bakal menghadapi jawara Grup C Persib Bandung di Bandung, Jawa Barat.

Seto senang dengan hasil yang didapat. Dia berujar kemenangan tersebut merupakan hasil kerja keras dari seluruh pemain. “Kami syukuri hasil ini tapi pertandingan ini belum jadi ukuran, karena Dewa United juga tidak full team. Namun saya tetap mengapresiasi pemain yang ingin menang dan melanjutkan fase berikutnya,” ujar Seto saat komferensi pers usai laga semalam.

Menurut pelatih asal Kalasan, Sleman itu, masih banyak hal yang perlu dievaluasi dari timnya. Dia melihat di laga terakhir, masih ada pemain yang salah mengambil keputusan. “Nah, itu harus kami perbaiki. Harapannya nanti main lepas tanpa beban di babak selanjutnya,” papar Seto.

Setelah laga kemarin, Seto mengatakan bahwa timnya bakal mengalihkan fokus untuk pemulihan fisik pemain terlebih dulu. Sebab jeda pertandingan laga selanjutnya cukup pendek. Yakni sekitar empat atau lima hari saja. “Persiapan sangat mepet kalau tanding tanggal 1 atau 2 Juli. Perjalanan jauh, kalau tanding tanggal 1, Rabu harus berangkat,” katanya.

Hasil tersebut disyukuri gelandang Manda Cingi. Manda berharap raihan positif terus berlanjut hingga babak selanjutnya. “Tiga poin yang sangat berarti. Meski ini pramusim tapi sangat penting bagi kami. Karena di sini kami bisa belajar untuk mengevaluasi kekurangan dan kelebihan tim,” ucapnya.

Pada laga kemarin, PSS memang sangat termotivasi untuk meraih kemenangan. Sejak peluit babak pertama dibunyikan mereka langsung tancap gas untuk mencuri gol lebih awal. Peluang pertama PSS hadir di menit ke-23. Syaiful Ramadan melepaskan tendangan keras dari sisi kanan pertahanan Dewa United. Namun, bola masih sedikit menyamping.

Peluang lainnya datang dari Ze Valente di menit ke-43. Sayang, tembakan pemain asal Portugal itu masih terlalu pelan. Dari kubu, lawan striker Dewa United Karim Rossi sempat memberi ancaman pada menit ke-28. Beruntung, tandukan pemain asal Swiss itu masih terlalu pelan. Tak ada gol yang tercipta hingga babak pertama rampung.

Memasuki paro kedua PSS tak mengendorkan serangan. Peluang pertama tercipta pada menit ke-57. Hanya, sontekan Komarudin dari jarak dekat tidak terlalu sempurna. Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya datang. Memanfaatkan situasi tendangan bebas, Ze Valente mampu membobol gawang Dewa United melalui sontekan kaki kiri.

Ze Valente nyaris mencetak gol keduanya pada menit ke-74. Kali ini, kiper lawan Syaiful mampu menepis penempatan bola yang dilakukan pemain 28 tahun itu. Skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Super Elja hingga laga usai. (ard/din)

Jogja Sport