RADAR JOGJA – PSS Sleman terus mempersiapkan diri jelang bentrok kontra PSIS Semarang dalam matchday ketiga babak penyisihan Grup A Piala Presiden 2022. Laga ini akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo besok malam (24/6).

Pelatih PSS Seto Nurdiyantara mengungkapkan, persiapan selama sepekan ini berjalan cukup lancar. Program latihan banyak berfokus pada taktikal. Seperti yang diberikan saat sesi latihan di Maguwoharjo International Stadium (MagIS) Rabu sore (22/6). “Materi latihan hari ini (kemarin, Red) seperti biasa namun ada sedikit menyentuh taktikal tentang bagaimana kami bermain dengan pemain yang dimiliki,” ujar Seto usai latihan.

Selain itu, ada beberapa variasi permainan baru yang dicoba dalam latihan kemarin. Seto berharap apa yang diberikan tim pelatih dapat dipahami dan diterapkan oleh pemain di laga sesungguhnya. “Mudah-mudahan di pertandingan besok bisa muncul,” papar Seto.

Jelang persiapan kontra PSIS, PSS mendapat tambahan amunisi. Dua legiun asing mereka yakni Ze Valente dan Mario Maslac sudah ikut bergabung. Menurut Seto, kedua pemain tersebut terus melakukan adaptasi. Baik secara teknis maupun kebugaran fisik. “Maslac sudah bergabung lama jadi sedikit paham dan tahu,” katanya. “Kalau Ze perlu adaptasi sedikit walau dari sisi cara bermain teman-teman yang lain mendukung dan dia mempunyai kualitas di permainan,” tambah Seto.

Khusus Ze, lanjut Seto, tim pelatih akan terus memantau perkembangan fisik pemain asal Portugal itu. Sebab, untuk mengembalikan ke kondisi fisik terbaik membutuhkan waktu yang tidak sebentar. “Memang fisiknya harus ditingkatkan. Mudah-mudahan di saat kompetisi, semuanya bisa berjalan sama antara fisik, teknik, dan taktik,” harap pelatih asal Kalasan itu.

Dalam laga nanti, PSS sedikit diuntungkan karena punya jeda persiapan lebih panjang ketimbang Laskar Mahesa Jenar -julukan PSIS. Meski begitu, Seto ingin timnya tetap fokus dan waspada. Menurutnya, meski waktu istirahat PSIS relatif pendek, bukan berarti mereka mudah dikalahkan.”PSIS memiliki banyak pemain di Piala Presiden 2022 sehingga untuk rotasi pemain mereka memiliki banyak pilihan. Tapi semoga bisa dimanfaatkan dengan kondisi stamina yang bagus dari pemain PSS,” tandasnya.

Di luar itu, Seto menilai skuad PSIS punya kualitas merata di setiap lini. Dari dua laga yang dijalani, permainan skuad besutan Sergio Alexandre itu cukup rapi dari kaki ke kaki. Juga lebih enak ditonton. “Apalagi beberapa pemain sudah bergabung dengan tim, jadi lebih komplet lagi. Secara kualitas lebih baik lagi dari kontestan di Grup A ini,” pungkasnya. (ard/din)

Jogja Sport