RADAR JOGJA – Tes fisik kembali diadakan PSS Sleman menjelang mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2022/2023. Sebelumnya, tes pertama dilakukan di Lapangan Yogyakarta Independent School (YIS), Sabtu (14/5). Lantas, bagaimana hasilnya?

Pelatih Fisik PSS Sleman Asep Ardiansyah menjelaskan, hasil tes rata-rata pemain PSS fisiknya cukup baik. Sampai saat ini Bagus Nirwanto cs berada dalam kondisi aman. “Untuk hasil tes fisik yang sudah kami lakukan datanya sudah kami dapat. Hasilnya cukup baik namun memang ada penurunan tapi dalam tahap wajar,” ujar pelatih yang biasa disapa Coach Ucus itu.

Coach Ucus mengatakan, bahwa tim pelatih menambah porsi latihan reguler. Yang awalnya hanya satu kali saja, kini ditambah menjadi dua sesi, pagi dan sore. Setiap latihan, tim pelatih memberikan tema latihan yang berbeda.

“Kalau untuk latihan pagi, kami hanya melatih defend individu. Untuk sore defend sudah masuk di unit atau bersama tim,” jelasnya.

Mantan pelatih fisik PSIM Jogja itu membeberkan, alasan diadakannya latihan dua sesi dalam sehari. Tujuan utamanya yakni untuk meningkatkan taktikal tim dan individu pemain. “Peningkatan individu kami lakukan pada pagi hari, lalu sore harinya masuk ke latihan taktikal bersama tim,” paparnya.

Saat ini, lanjut Coach Ucus, adalah waktu yang tepat bagi para pemain maupun pelatih untuk saling mengenal dan memahami karakter satu sama lain. Sembari terus memantau sejauh mana kualitas fisik dan teknik penggawa Super Elja.

Hingga kemarin, latihan sudah diikuti sekitar 20 pemain. Beberapa pemain anyar juga sudah ikut bergabung seperti Marckho Sandy Meraudje, Try Hamdani Goentara, Ibrahim Sanjaya hingga Miftahul Hamdi. Sedangkan sisanya akan menyusul secara bertahap. (ard/din)

Jogja Sport