RADAR JOGJA – Syaiful Ramadhan menjadi salah satu pemain yang dilepas PSS Sleman pada 19 April lalu. Dia dilepas bersama delapan pemain lainnya, yakni Miswar Saputra, Supriyadi Eeng, Arsyad Yusgiantoro, Rifaldi Bawuo, Dendi Agustian, Ocvian Chanigio, Jepri Kurniawan, dan M Kanu Helmiawan. Namun, kemarin (18/5) secara mengejutkan menajemen berjuluk Super Elang Jawa itu mengumumkan kembalinya bek 33 tahun itu.

Resmi balik kucing ke Sleman, Syaiful berterimakasih kepada jajaran manajemen PSS atas kepercayaan yang diberikan. Dia menyebut, kesempatan kedua ini merupakan bentuk apresiasi tinggi kepadanya. “Alhamdulillah bisa bergabung kembali ke PSS di musim ini. Kemarin bergabung ketika memasuki putaran kedua dan pastinya senang bisa membela tim kebanggaan warga Sleman,” ujar pemain kelahiran Medan, Sumatera Utara itu.

Soal alasan comeback ke PSS, dia punya alasan tersendiri. Salah satunya adalah karena fanatisme Sleman fans yang dikenal loyal dalam memberikan dukungan. Selain itu, faktor keluarga dan restu sang istri ternyata menjadi pertimbangan lainnya.

“Saya memilih tim dengan banyak pertimbangan. Saya berkomunikasi dengan istri. Selain itu ada tim yang siap bekerja sama dengan saya, tapi saya tunda demi PSS,” papar mantan kapten PSMS Medan itu. “Mudah-mudahan saya bisa lebih baik lagi di Sleman,” harapnya.

Disinggung perihal target musim depan, Syaiful menegaskan bahwa dia ingin tampil lebih baik dan berkontribusi untuk tim. Musim lalu, dia bermain sebanyak 11 kali di bawah pelatih I Putu Gede Swisantoso. Sejauh ini, Syaiful mengaku tidak mengalami kendala dalam proses adaptasi.

“Kami harus mengikuti apa kemauan serta instruksi pelatih. Mudah-mudahan bisa beradaptasi dengan cepat bersama Coach Seto Nurdiyantara dan jajaran tim pelatih,” tegasnya.

Hadirnya Syaiful akan menambah opsi lini belakang Super Elja. Sementara pertimbangan manajemen kembali merekrut pemain kelahiran 30 April 1989 itu karena Syaiful masuk dalam skema permainan pelatih musim depan.

Kini, PSS sudah memiliki 27 pemain sementara untuk kompetisi Liga 1 musim 2022/2023. Selain Syaiful, ada pula Kim Jeffrey Kurniawan, Mario Maslac, Derry Rachman Noor, Riki Dwi Saputro, Dave Mustaine, Irkham Zahrul Mila, Bagus Nirwanto, Rizza Fadillah, Ifan Nanda, dan Dimas Fani Firmansyah.

Kemudian, Bagas Pamungkas, Wahyu Boli, Fandi Eko Utomo, Hambali Tholib, Marckho Sandy, Ibrahim Sanjaya, M Ridwan, Saddam Emiruddin Gaffar, Ega Rizky, Wahyu Sukarta, Hokky Caraka, Wahyu Sukarta, Dedy Gusmawan, Todd Rivaldo Ferre, Try Hamdani, dan Miftahul Hamdi. (ard/din)

Jogja Sport