RADAR JOGJA – Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti (HS) mendorong seluruh Koordinator Olahraga Kemantren (Korman) untuk lebih memerhatikan prestasi atlet-atlet di wilayahnya. Hal itu ditegaskan dalam pelantikan 14 pengurus Korman se-Kota Jogja periode 2022-2026 di Graha Pandawa, Balaikota Jogja, Selasa (17/5).

Orang nomor satu di Kota Jogja itu berharap keberadaan Korman dapat membantu upaya meningkatkan prestasi olahraga di Kota Jogja. Caranya dengan peduli terhadap atlet di wilayahnya masing-masing. Seperti memahami proses pembinaan hingga raihan prestasi para atlet.

Menurut Haryadi, ada beberapa hal yang dapat dilakukan Korman untuk mewujudkan prestasi dan pembinaan dengan baik. Antara lain mengetahui data seluruh atlet serta mencari tahu cabang olahraga (cabor) apa saja yang ada di wilayahnya. Dari data tersebut, lantas seluruh Korman bersama Kemantren dapat membangun komunikasi melalui berbagai acara atau dialog dengan atlet dan pengurus cabor.

“Mantri dan Korman sekali dua kali mendatangi atlet-atlet yang berprestasi dan cabor di wilayahnya saat berlatih,” pesan Haryadi.

Perhatian semacam ini, lanjutnya, secara tidak langsung akan membangun kedekatan personal. Sehingga Korman hapal betul nama-nama atlet dan pretasinya. “Dari sana ke depan bisa ikut membantu dalam peningkatan prestasinya,” tambah dia.

Lebih lanjut, Haryadi meminta anggota Korman segera melakukan koordinasi lintas bidang dan instansi. Hal itu dilakukan untuk memaksimalkan peran Korman dalam upaya peningkatan prestasi olahraga di Kota Jogja. “Segera koordinasi dengan Binpres KONI, Asisten I, atlet, pengurus untuk memaksimalkan pembinaan ini di wilayahnya,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua I KONI Kota Jogja M Syalthut Aridloi menuturkan, dengan dikukuhkannya kepengurusan Korman se-Kota Jogja, pihaknya berharap ke depan Korman bisa memaksimalkan pembinaan olahraga di wilayah kemantren. “Mari berkolaborasi bersama untuk memajukan prestai olahraga di wilayah kemantren se-Kota Jogja,” paparnya.

Adapun ke-14 kepengurusan Korman se-Kota Jogja yang dilantik antara lain Sutrisno (Korman Umbulharjo), Sarjono (Korman Kotagede), Bambang Seno Baskoro (Korman Gondokusuman), Sarjoe Mangkoedjatmiko (Korman Danurejan).

Kemudian R Tugur Purnomo (Tegalrejo), Nugroho Swasto Purnomo (Korman Jetis), Theo Setyabudi (Korman Gedongtengen), Setiawan (Korman Ngampilan), Lilik Purwanto (Korman Wirobrajan), Anhar Rusli (Korman Kraton), Gatot Supriyanto (Korman Gondomanan), Dwi Saryono (Korman Pakualaman), Bambang Srigati (Korman Mantrijeron), dan Nuri Hartana (Korman Mergangsan). (ard/din)

Jogja Sport