RADAR JOGJA – PSS Sleman terus mempersiapkan diri jelang mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2022/2023. Sejak pekan lalu skuad klub berjuluk Super Elang Jawa itu digeber latihan di Lapangan Yogyakarta Independent School (YIS), Sendangadi, Mlati, Sleman.

Dalam latihan ini, Bagus Nirwanto cs memang masih diberi materi latihan ringan. Tim pelatih masih berfokus pada pengembalian kondisi fisik pemain pasca diliburkan. Selain itu, fokus lainnya adalah mencoba membentuk chemistry antarpemain. Maklum, saat ini skuad dihuni hampir 50 persen wajah baru.

Selain itu, pada akhir pekan lalu Laskar Sembada -julukan lain PSS- juga usai menggelar tes fisik kepada semua penggawanya. Adapun beberapa item tes tersebut meliputi speed, endurance, power, dan lain-lain.

Lantas, bagaimana hasilnya? “Kalau dari pantauan kemarin secara keseluruhan ada penurunan, namun memang masih dalam tahap wajar,” ujar pelatih fisik PSS Asep Ardiansyah kepada Radar Jogja kemarin (16/5).

Asep cukup senang dengan hasil tes tersebut. “Terpantau ada beberapa individu yang masih bagus kondisinya,” kata Asep. Artinya kondisi setiap pemain masih dalam tahap normal meski para pemain lebih dari sebulan off latihan.

Kondisi itu cukup melegakan bagi tim pelatih. Sehingga untuk starting program latihan fisik nanti bisa langsung ke intensitas medium. Kemudian, tinggal adaptasi saja. “Kebetulan pemain kita ada dari Sabang sampai Merauke,” tambah dia.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Coach Ucus itu berujar, saat ini adalah waktu yang tepat bagi para pelatih dan pemain untuk saling mengenal dan memahami karakter satu sama lain. Sembari terus memantau sejauh mana kualitas fisik dan teknik penggawa Super Elja. “Semoga walaupun ada penurunan kondisi fisik itu tidak terlalu jauh dan hasilnya tetap baik,” jelas mantan pelatih fisik PSIM Jogja itu.

Hingga kemarin, latihan sudah diikuti sekitar 20an pemain. Beberapa pemain anyar juga sudah ikut bergabung semacam Marckho Sandy Meraudje, Try Hamdani Goentara hingga Miftahul Hamdi. Sedangkan sisanya akan menyusul secara bertahap. (ard/din)

Jogja Sport