RADAR JOGJA – Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) sukses menggelar AFC Grassroots Football Day 2022. Event yang berkolaborasi dengan Mataram Football Academy itu berlangsung di Lapangan Kenari, kemarin pagi (15/5). Ajang ini diikuti total 100 anak berusia 11-12 tahun dan 20 pelatih dari Sekolah Sepak bola (SSB) di Kota Jogja.

AFC Grassroots Football Day dihadiri langsung oleh dua instruktur PSSI, yakni PSSI Grassroots Manager Aldi Iqbal Tawakal dan Instruktur Grassroots PSSI Bery Sidiq. Keduanya juga melakukan workshop bersama 20 pelatih di Hotel Prime Plaza Jogja pada Sabtu malam (14/5).

Kegiatan coaching clinic tersebut dikemas dengan menarik. Terutama untuk para orangtua dan keluarga peserta yang hadir. Berbagai games diadakan dengan doorprise menarik dari sponsor.

Ketua Umum Asprov PSSI DIJ Ahmad Syauqi Soeratno menjelaskan, Grassroot Football Day 2022 merupakan amanat dari AFC melalui federasi sepak bola Indonesia alias PSSI. Event yang kali pertama diadakan di DIJ itu mengusung tema Sepak bola Telah Kembali atau Football is Back. “Suatu kehormatan bagi Asprov PSSI DIJ sebagai penyelenggara, satu-satunya di Indonesia. Jadi kami salah satu penyelenggara serempak di seluruh negara anggota AFC,” ujar Syauqi.

Karena masih pandemi Covid-19, jumlah peserta pun dibatasi. Ada sembilan SSB yang ikut ambil bagian yakni, SSB Gama, MAS, Hizbul Wathan, Browidjoyo, Sinar Mataram, IM Naturindo, Garuda Muda, Mataram Utama, dan SSB UNY. Setiap SSB wajib mengirimkan 10 pemain dengan tahun kelahiran 2010/2011 serta dua pelatih.

Sementara itu, anggota Komite Usia Muda Asprov PSSI DIJ Herwin Sjahruddin menjelaskan, kegiatan tersebut turut didukung oleh Pertamina serta brand lokal DIJ: Desle dan BPR MSA. Seluruh pihak berkolaborasi mendukung pembinaan sepak bola usia dini, khususnya di DIJ.

“Kami berterima kasih atas partisipasi luar biasa dari seluruh pihak termasuk sponsor yang mendukung hingga agenda perdana AFC Grassroots Football Day di DIJ ini bisa terselenggara,” ucap Herwin. “Para peserta juga mendapat E-Sertifikat AFC dan semoga sinergi baik ini terus terbangun ke depan,” harapnya.

AFC Grassroots Football Day merupakan acara tahunan dari federasi sepak bola seluruh Asia, AFC. Dengan mengusung tema berbeda setiap tahunnya, agenda ini sebagai upaya dalam mengembangkan dan memfasilitasi pembinaan usia muda. (ard/din)

Jogja Sport