RADAR JOGJA – Winger Borneo FC Rifal Lastori dikabarkan hanya tinggal selangkah lagi bergabung dengan PSIM Jogja. Bahkan, saat ini komunikasi antara manajemen klub berjuluk Laskar Mataram itu dengan Borneo FC intens dilakukan.

Soal rumor yang beredar, Chief Executive Officer (CEO) PSIM Bima Sinung Widagdo tidak menampik. Bima Sinung menyatakan, pihaknya memang sangat tertarik untuk mendatangkan pemain 24 tahun itu. ’’Kami memang sudah ada pembicaraan serius dengan Borneo FC. Semoga semua berjalan lancar,’’ ujar Bima kepada Jawa Pos Radar Jogja kemarin (9/5).

Seandainya deal, Rifal akan didatangkan dengan status sebagai pemain pinjaman. Itu lantaran dalam waktu dekat sang pemain bakal memperpanjang kontrak dengan Pesut Etam -julukan Borneo FC. ’’Statusnya pinjaman tadinya kami maunya status pemain lepas saja gitu kan, tapi ternyata Borneo FC malah mau extend,’’ kata Bima.

Lebih lanjut, mantan CEO Sulut United itu membeberkan alasan utama tertarik merekrut mantan pemain RANS Cilegon FC itu. Menurut Bima, Rifal adalah pemain muda dengan talenta luar biasa. Namun, dia menolak anggapan bahwa keinginan mendatangkan sang pemain karena berlabel spesialis promosi.

Ya, seperti diketahui, Rifal tercatat sudah mengantarkan tiga klub Liga 2 promosi ke Liga 1. Sebut saja PSIS Semarang pada musim 2017,  PSS Sleman (2018), dan yang terbaru RANS Cilegon FC (2021).

’’Saya sih bukan orang yang percaya hal-hal dia bawa tuah ke tim atau apa. Ya oke lah tapi saya enggak terlalu pegang itu. Yang saya tahu Rifal pemain berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pelatih,’’ paparnya. ’’Tapi ya dengan track record Rifal bawa promosi tim mungkin secara psikologis juga ikut membantu,’’ tambah dia.

Saat ini, sudah ada 10 pemain yang diikat manajemen PSIM. Dari jumlah tersebut, delapan di antaranya merupakan muka lama. Seperti Ken Noveryan Achbar, Dominico Savio Sheva Maresca Amavisca, Arif Satya Yudha Alkanza, Sunni Hizbullah, Aditya Putra Dewa, Ahmad Baasith, Syarif Wijianto, dan Hapidin.

Sedangkan sejumlah pemain anyar lainnya, lanjut Bima, akan diumumkan secara bertahap. ’’Kami akan update secara reguler tiap Minggu. Kami sengaja enggak mau tentuin tiap hari apa tapi kami buat planning untuk kami umumkan pemain sambil jalan proses administrasinya,’’ jelasnya.

Adapun musim depan, PSIM akan diperkuat sebanyak 26 pemain. Plus dua di antaranya adalah pemain muda magang lokal DIJ. Sementara saat ini, Bima mengklaim pihaknya sudah mengikat sekitar 20 pemain lebih. Atau sekitar 90 persen kerangka tim telah terbentuk.

’’Soal pemain bukan diutamakan yang pemain bintang. Dan, sekarang deal-nya beda-beda, ada yang secara lisan, pra kontrak, atau WA. Ada juga yang sudah terima DP,” jelasnya.

Dihubungi terpisah, Presiden Borneo FC Nabil Husien membenarkan bahwa ada beberapa penawaran yang masuk terkait peminjaman Rifal. Tetapi memang belum diputuskan. Sebab, bapak satu anak itu masih akan berdiskusi terlebih dulu dengan pelatih kepala.

’’Kami masih pelajari dulu. Ada tiga klub Liga 2 dan 2 tim dari Liga 1 yang menginginkan Rifal. Semoga segera bisa diputuskan bertahan atau dipinjamkan,’’ ucap Nabil saat dihubungi Radar Jogja kemarin. (ard/din)

Jogja Sport