RADAR JOGJA – Satu per satu pemain pilar PSIM Jogja musim lalu meninggalkan tim. Setelah penyerang andalan Sugeng Efendi, kini giliran penjaga gawang utama Imam Arief Fadillah yang pamit.

Padahal Sugeng adalah top skor PSIM musim lalu dengan lima gol. Sedang Imam pada gelaran Liga 2 musim lalu terpilih jadi kiper terbaik Liga 2 2021 versi APPI.

Keduanya mengikuti jejak beberapa pemain yang lebih dulu cabut selepas gelaran Liga 2 musim 2021. Sebut saja Taufik Hidayat, Beny Wahyudi, dan Achmad Subagja Baasit. Kala itu ketiganya memutuskan hijrah ke klub asal Jawa Tengah, PSIS Semarang. Selain itu, ada Aditnya Putra Dewa yang pindah ke PSM Makassar.

Mereka yang sudah tak berseragam PSIM adalah langganan starting eleven. Imam Arief, misalnya. Selama berkostum Laskar Mataram -julukan PSIM, mantan pemain Persebaya Surabaya itu menjadi andalan sepanjang musim. Dia tampil konsisten dan tak tergantikan sejak penyisihan grup sampai partai final perebutan satu tiket promosi ke Liga 1.

Setelah Liga 2 rampung, Imam memang sempat dikabarkan didekati sejumlah klub Liga 1. Tiga klub di antaranya bermarkas di Jawa, sisanya dari luar Jawa. Sayang, tidak satupun yang nyantol sampai bursa transfer paro kedua Liga 1 ditutup.

Sementara Sugeng Efendi berlabuh ke klub promosi Liga 1, Dewa United. Pemain 23 tahun itu diumumkan sebagai pemain anyar klub berjuluk Tangsel Warrior itu pada 6 April lalu. Adapun selama berseragam Laskar Mataram, Sugeng mencatatkan 13 penampilan.

Hengkangnya sejumlah pemain kunci, sekaligus memunculkan isyarat bakal ada perombakan tim cukup signifikan dalam jendela transfer musim depan. CEO PSIM Bima Sinung Widagdo sebelumnya memastikan bahwa pihaknya terus bergerak mempersiapkan tim untuk menyongsong musim 2022.

“Komunikasi dengan pemain musim lalu sudah dilakukan jauh-jauh hari. Bulan ini sudah ada beberapa pemain yang gabung, baik itu dari skuad musim lalu dan nama baru,” ungkap Bima Sinung.

Yang pasti, mantan CEO Sulut United itu berharap persiapan tim berjalan lancar. Termasuk proses perekrutan pelatih anyar Imran Nahumarury diharapkan rampung dalam beberapa hari ke depan. (ard/din)

Jogja Sport