RADAR JOGJA – National Paralympic Committe (NPC) Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) akhirnya merampungkan penyusunan technical handbook (THB) atau buku pedoman teknis cabor Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) III DIJ 2022. Finalisasi THB ditetapkan dalam rapat yang digelar di Aula Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Disdikpora DIJ, Jumat (25/3).

Ketua NPC DIJ Hariyanto menjelaskan, dalam rapat dibahas sejumlah hal terkait peraturan Peparda 2022. Di antaranya meliputi jadwal hingga ketentuan umum seperti pendaftaran peserta, klasifikasi dan ketentuan-ketentuan setiap cabor. “Sebelumnya saat rapat pertama hari Selasa (23/3) kami juga sudah membahas sebagian peraturan terkait Peparda 2022. Seperti jadwal dan juga ketentuan umum,” ujar Hariyanto.

Yang pasti, Hariyanto berharap persiapan yang dilakukan dapat berdampak positif pada pelaksanaan Peparda yang dihelat pada 1-9 September mendatang. “Semoga hasil output nanti berjalan baik dengan hasil yang signifikan. Mengingatkan bahwa kita juga akan mempersiapkan tim untuk persiapan Peparnas 2024 di Aceh dan Sumatera Utara,” katanya.

Ketua Biro Pembinaan dan Prestasi (Binpres) NPC DIJ Rumpis Agus Sudarko mengatakan, persiapan menuju Peparda 2022 sudah sesuai rencana. Itu menyusul penetapan dan disepakatinya jadwal pelaksanaan serta peraturan dari masing-masing cabor.

Setelah perampungan THB, kata Rumpis, agenda selanjutnya yaitu dilakukan entry by number. Tahap ini rencananya digelar pada Mei mendatang. Kemudian dilanjutkan klasifikasi dan entry by name pada Juni serta persiapan teknis.

Rumpis berpesan kepada seluruh peserta Peparda agar memerhatikan peraturan yang sudah disepakati dalam rapat finalisasi tersebut. Bagi NPC kabupaten dan kota yang telah mendaftar di entry by number, tapi tidak mendaftarkan atlet pada entry by name akan diberikan sanksi berupa denda. “Tapi untuk cabor nampaknya tidak ada masalah, sudah disesuaikan dengan Peparnas,” paparnya.

Peparda tahun ini akan mempertandingkan 11 cabor. Yakni atletik, angkat berat, bochia, bola voli duduk, bulutangkis, catur, goalball, panahan, renang, tenis kursi roda, dan tenis meja. (ard/din)

Jogja Sport