RADAR JOGJA– Setelah hampir dua tahun vakum, event tahunan Pengda Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) DIJ akhirnya kembali dihelat tahun ini. Ajang bertajuk Kejuaraan Renang Antar Sekolah dan Perguruan Tinggi (KRAS) Dispora Sleman Cup itu sukses digelar di kolam renang UNY Wates, Kulonprogo, 12-13 Februari lalu.

Karena pandemi Covid-19, pelaksanaan KRAS berlangsung dengan protokol kesehatan (prokes) sangat ketat. Ajang ini diikuti 1128 atlet dari 23 provinsi di tanah air. Mempertandingkan lima Kelompok Umur (KU). Yakni KU-1, KU-2, KU-3, KU-4, KU-5 dan senior.

Perenang asal Bali Ni Putu Pande Lisa Primasari dari Home Schooling Primagama, Denpasar menjadi yang terbaik di KRAS 2022. Dia tampil gemilang dengan menggondol 10 emas dan satu perak di KU-2. Kemudian, runner up disabet Ailsa Akhila Maulida asal SD Yaspen Tugu Ibu, Depok dengan raihan delapan emas dan satu perak di KU-5. Disusul Patrice Eugenia Fauzi dari Brawijaya Smart School, Malang, yang mengantongi delapan emas di KU-4.

Ketua Panitia Danang Prio Sambodo mengatakan, pelaksanaan KRAS berjalan sangat lancar dan aman. Dia juga bersyukur karena peserta KRAS tahun ini mencatatkan rekor tertinggi. Meski berlangsung di tengah pandemi. “KRAS memang berbeda kali ini karena kami harus mengikuti prokes. Pelaksanaan ini bisa menjadi contoh bagi event olahraga bila ingin menggelar kejuaraan,” kata Danang.

Sementara itu, Kepala Bidang Prestasi (Kabid Binpres) KONI DIJ Agung Nugroho menuturkan, KRAS jadi momentum bangkitnya olahraga renang. Kejuaraan tersebut, lanjutnya, sekaligus menjadi sport tourism (wisata olahraga) di Kota Gudeg. “Jogja kan jadi destinasi wisata sehingga untuk berolahraga meraih prestasi dan menikmati wisata di Jogjakarta,” ujar Agung.

Ketua Pengkab PRSI Sleman Bambang Sigit Sulaksono mengapresiasi ajang KRAS yang sukses digelar dengan jumlah peserta lebih dari 1.000 atlet. Dengan jumlah ribuan peserta, kejuaraan bisa berjalan tertib, lancar dan tanpa halangan. “Ini bisa menjadi contoh cabang olahraga lain saat menggelar kejuaraan,” ucap Bambang. (ard)

Jogja Sport