RADAR JOGJA – Tren negatif PSS Sleman di BRI Liga 1 2021/2022 putus. Mereka berhasil mengakhiri rentetan empat laga beruntun tanpa kemenangan. Tim berjuluk Super Elang Jawa itu menundukkan Barito Putera 1-0 lewat gol striker asing Wander Luiz di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Bali Minggu malam (6/2).

Pelatih PSS I Putu Gede (IPG) menyebut tambahan tiga angka menjadi modal berharga jelang menghadapi laga berat melawan Persib Bandung Jumat (11/2). Begitu pun secara mental, IPG melihat performa anak asuhnya sudah jauh lebih baik. Terutama di babak kedua. “Biasanya kami kecolongan gol, tapi ini saya pikir sudah ada perubahan dari sisi mental. Ya, alhamdulillah PSS diberikan tiga poin,” ujarnya.

Di sisi lain, IPG mengakui pada paro kedua pertandingan menjadi tidak menarik lagi. Sebab, timnya harus bermain dengan 10 pemain setelah bek asing Aaron Evans diusir wasit pada menit ke-73. Kondisi itu jelas membuat PSS kelimpungan.

“Setelah Aaron keluar berubah semua rencana, tapi para pemain bermain luar biasa. Ini apresiasi banget untuk mereka. Semoga ke depan anak-anak bisa seperti itu daya juang dan militannya,” harap pelatih 48 tahun itu.

Sementara soal insiden kartu merah Evans, Media Officer (MO) PSS Juan Tirta Abditama ikut angkat bicara. “Tindakan yang cukup disayangkan sebenarnya. Padahal dia bilang ke wasit “what are you looking?” Saksinya banyak kok,” terangnya. Meski begitu, Juan berharap kejadian kurang mengenakkan tersebut tidak terulang kembali.

Setelah laga kontra Barito Putera, skuad PSS diliburkan dari aktivitas latihan. Bagus Nirwanto cs dijadwalkan kembali berlatih pagi ini. Dengan sisa waktu yang ada, IPG berharap persiapan yang dilakukan dapat berdampak positif di lapangan. Termasuk sembilan pemain yang menjalani karantina karena positif Covid-19, diharapkan segera sembuh.

“Saya mau lihat pemain yang ada dulu. Sangat berat dengan situasi seperti ini dan beberapa pemain yang kami rencanakan juga enggak bisa terlibat pertandingan. Ini tentu menjadi kendala di laga selanjutnya,” katanya.

Saat ini, Laskar Sembada -julukan lain PSS- berada di peringkat ke-11 klasemen sementara dengan koleksi 28 angka. Hasil itu didapat dari tujuh kemenangan, tujuh hasil imbang dan sembilan kekalahan. (ard/bah)

Jogja Sport