RADAR JOGJA – Setelah Piala Soeratin U-15 dan U-17, Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) segera menggulirkan Piala Soeratin U-13. Rencananya kick off kompetisi kelompok umur itu dimulai pada 16-30 Januari mendatang.

Pertandingan bakal berlangsung di empat venue. Antara lain Stadion Kridosono; Kota Jogja, Stadion Dwi Windu; Bantul, Stadion Gelora Handayani; Gunungkidul dan Lapangan Klampok, Kulonprogo.

Berdasarkan hasil rapat Asprov DIJ, Piala Soeratin U-13 tahun ini hanya akan diikuti 20 tim. Jadwal pertandingan kemungkinan juga dapat berubah, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. “Peserta dibatasi cuma 20 klub,” kata Direktur Kompetisi Asprov PSSI DIJ Ediyanto.

Jelang sepak mula, Asprov DIJ terus mematangkan persiapan. Salah satunya menggelar workshop kepada seluruh anggota. Sekaligus membuka pendaftaran keikutsertaan peserta pada Jumat (7/1).

Yang pasti, Asprov PSSI DIJ berharap banyaknya kompetisi menjadi wadah lahirnya atlet-atlet potensial. Sehingga ke depan lebih banyak lagi pesepakbola yang mengharumkan DIJ di kancah nasional. “Semoga dari kompetisi Soeratin ini akan muncul nama-nama pemain DIJ yang dipanggil Timnas Indonesia. Apalagi juara Piala Soeratin nanti akan mewakili Asprov DIJ ke tingkat nasional pada 6 Februari 2022,” ujar Ediyanto.

Di sisi lain, Piala Soeratin U-15 dan U-17 saat ini sudah memasuki babak semifinal. Kompetisi yang dimulai sejak 19 Desember 2021 itu dihelat di tiga tempat. Yakni Stadion Kridosono, Stadion Dwi Windu dan Stadion Gelora Handayani.

Adapun Piala Soeratin U-15 diikuti 14 klub. Di antaranya Bina Taruna KCM, Rajawali FC, Gajah Mada FC, JK United, Raga Putra Menoreh, Jogja Istimewa Football, Mataram Utama FC, Sleman United, FC UNY, Satria Adikarta, Protaba Bantul, Persig, PS Baturetno dan PS Tunas Ngaglik.

Sementara U-17 diwakili 13 klub. Mereka adalah Bina Taruna KCM, Hizbul Wathan UMY, Gajah Mada FC, PSS Sleman, JK United, Raga Putra Menoreh, UAD FC, Jogja Istimewa Football, Mataran Utama FC, Protaba, Persig, PS Baturetno, dan PS Tunas Ngaglik. (ard/bah)

Jogja Sport