RADAR JOGJA – Pergantian antar waktu (PAW) Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) resmi diumumkan oleh jajaran pimpinan di kantor setempat kemarin (7/1). Itu menyusul diterbitkannya Surat Keputusan (SK) KONI Pusat Nomor 04/2022 tentang PAW Personalia Pengurus KONI DIJ periode 2021-2025 pada 5 Januari 2022.

Ketua Umum KONI DIJ Djoko Pekik Irianto mengatakan, PAW dilakukan berdasarkan hasil rapat pleno Pengurus KONI DIJ pada 13 Desember 2021. Utamanya setelah mendapat persetujuan pengunduran diri empat personel pengurus KONI DIJ. Yakni, Wakil Ketua Umum (WKU) II Rumpis Agus Sudarko, Bidang Pembibitan dan Pembinaan Prestasi Awan Hariono, anggota Bidang Pendidikan dan Penataran Muhammad Hamid Anwar, dan anggota Bidang Sarana Prasarana dan Aset Topan Faisal Rizal.

“Beberapa waktu lalu ada beberapa anggota kami yang mengundurkan diri. Sudah kami lakukan satu mediasi dan langkah-langkah agar bagaimana mereka berempat tetap berada di KONI namun demikian hasil akhirnya mereka tetap memohon untuk bisa tidak bergabung dengan KONI lagi,” ujar Djoko Pekik, kemarin.

Djoko Pekik mengatakan, sebagai optimalisasi kepengurusan KONI DIJ dalam rangka menyelesaikan program di tahun 2021, pihaknya sudah mengambil langkah-langkah tepat agar program di tahun lalu terlaksana dengan baik. Terutama saat empat personal tidak bisa aktif dalam kepengurusan. “Kami memberi tugas tambahan untuk masing-masing pengurus untuk mem-back up berbagai bidang. Misalnya saja Pramana selaku Wakil Ketum I diberikan tugas tambahan untuk melaksanakan tugas di bidang II,” katanya.

“Sehingga alhamdulillah semua program di tahun 2021 hampir 100 persen berjalan dengan baik,” imbuh dia.

Guru Besar FIK UNY itu menyatakan, PAW juga digelar lantaran tahun ini dan selanjutnya KONI DIJ dihadapkan dengan banyak agenda. Seperti Pekan Olahraga Daerah (Porda), Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda), Pra-PON dan PON 2024. “Maka kami berkomitmen untuk segera mengisi kekosongan personal yang ada. Melalui mekanisme sesuai dengan AD ART melalui adanya rapat pimpinan, rapat pleno, kemudian mengajukan SK PAW dan terakhir hari ini (kemarin, Red) kami adakan koordinasi dengan semua pengurus berkaitan dengan PAW,” jelasnya.

Dengan adanya empat anggota yang mengundurkan diri, KONI DIJ pun harus mengganti dengan jumlah yang sama. Sehingga jumlah total kepengurusan KONI DIJ tetap 37 orang. Empat pendatang baru yakni Sri Winarni yang merupakan representasi dari PERSANI maupun Dosen UNY akan bertugas sebagai Anggota Bidang Pendidikan dan Penataran. Lalu Budi Atmoko yang merupakan representasi dari BAPOPSI dan BPO DIJ bertugas sebagai Kabid Sarana, Prasarana dan Aset.

Kemudian, Stevany Halina yang merupakan representasi dari pelatih utamanya atletik difabel, bertugas sebagai Wakil Sekretaris II. Dan Putut Wisuda yang sebelumnya karyawan naik menjadi Pengurus Bidang Sarana, Prasarana dan Aset. (ard/bah)

Jogja Sport