RADAR JOGJA – Karateka Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) Tiara Sandi Almahyra mencatatkan prestasi membanggakan di Kejuaraan Asia Karate-Do Federation (AKF) 2021. Pada ajang yang berlangsung di Almaty, Kazakstan, 18-22 Desember itu, Tiara berhasil menyabet medali perak di kelas cadet kumite +54 kg putri.

Pada partai puncak, Tiara kalah dari Naser Yara asal Yordania. Sedangkan medali perunggu diraih Ibraiymova Elnura dari Kyrgyzstan. “Alhamdulillah saya bersyukur banget walaupun masih juara 2,” ujar Tiara saat dihubungi Radar Jogja Selasa (21/12).

Tiara mengatakan, tidak mudah untuk bisa bertanding di kejuaraan AKF. Bahkan, ia menyebut tantangannya cukup sulit. Mulai dari seleksi melalui Kejurnas Forki, hingga penyaringan atlet yang diambil hanya 10 orang saja. “Saya sangat berterimakasih untuk pelatih saya karena telah mendidik saya dari awal sabuk putih hingga sekarang,” paparnya.

Wakil Ketua II Pengurus Daerah (Pengda) Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) DIJ Irwansyah Ginting bangga atas pencapaian karateka DIJ di ajang internasional ini. “Kami tentu bangga ada atlet DIJ yang menyumbangkan medali perak di AKF. Apalagi prestasi atlet DIJ di AKF sebelumnya memang belum ada, baru pertama ini di tingkat Asia,” ujarnya.

Pada kejuaraan AKF secara keseluruhan kontingen Indonesia menurunkan 38 atlet. Dari jumlah itu, 28 di antaranya adalah atlet senior dan 10 karateka junior. (ard/din)

Jogja Sport