RADAR JOGJA – Untuk kali pertama, kejuaraan daerah (kejurda) surfing digelar di Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ). Kejurda bertajuk Surfdiningrat 2021 itu sukses dihelat di Pantai Ngandong, Gunungkidul, kemarin (17/11). Kejurda ini diikuti 40 peselancar lokal dan luar DIJ.

Ketua Umum (Ketum) Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) DIJ Muhammad Aldhilla Mavie menjelaskan, tujuan diadakannya kejurda tersebut untuk menjaring atlet-atlet surfing potensial di DIJ. Sekaligus dengan harapan ke depan ajang ini bisa menjadi agenda tahunan.

“Semoga atlet-atlet ini nantinya bisa mewakili DIJ untuk ikut PON. Seperti kemarin ekshibisi atlet Irawan Dani dari Bantul bisa dapat perak. Jadi Kejurda ini ke depan bisa terus ada,” ujar Aldhilla kemarin.

Kejurda mempertandingan dua nomor yakni, beginner U-16 dan open di masing-masing kategori regional maupun luar daerah. Adapun dari total 40 peserta, 22 di antaranya berasal dari DIJ. Sedangkan sisanya datang dari Pacitan dan Kebumen. “Dari Bantul 14 orang, Kota Jogja dua orang, dan Gunungkidul enam 6 orang,” bebernya.

Aldhilla mengatakan, antusiasme peserta sangat luar biasa pada kejurda perdana ini. Ia bahkan memperkirakan jumlah peserta bisa lebih banyak lagi seandainya lomba dihelat saat weekend. “Kalau weekend mungkin akan lebih ramai peminatnya. Cuma kami ngejar kebetulan pas ombak bagus buat lomba. Karena surfing bergantung pada alam. Pasang surut air laut dan angin itu sangat memengaruhi,” katanya.

Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIJ Djoko Pekik Irianto mengapresiasi dan berterimakasih kepada PSOI DIJ atas terlaksananya Kejurda surfing untuk kali pertama yang dihelat di DIJ ini. Ia berharap selancar ombak di Kota Gudeg terus berkembang dan bisa melahirkan banyak atlet berprestasi.

“Ke depan agar nanti bisa tertata dengan bagus kami mulai pembenahan dari organisasi. Dan kami berharap PSOI DIJ bisa menjadi bagian dari KONI DIJ. Tentu nanti ada persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa jadi anggota KONI DIJ,” jelasnya.

Pria 59 tahun itu menyatakan, wajar jika nantinya DIJ punya PSOI yang bagus. Karena DIJ memang memiliki banyak pantai yang tersebar hampir di setiap daerah. “Harapan di PON 2024 kami dapat mencapai yang terbaik. Agar punya gondelan untuk apa sih yang akan dicapai,” tandasnya. (ard/din)

Jogja Sport