RADAR JOGJA – Rumpis Agus Sudarko berencana mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Wakil Ketua Umum II Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ). Kegagalan mewujudkan target medali di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 menjadi penyebabnya.

Ya, Rumpis adalah ketua kontingen DIJ dalam PON XX lalu. Rumpis menjelaskan, kegagalan di PON tidak lepas dari kurang optimalnya kinerja Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) KONI DIJ yang dia bawahi. Karena itu, pihaknya siap menerima konsekuensi dan legawa. “Kami siap mengundurkan diri atau kalau harus diundurkan dari KONI DIJ. Ini untuk kebaikan KONI dan upaya peningkatan prestasi olahraga DIJ ke depan,” kata Rumpis kemarin (12/11).

Rumpis mengatakan, keputusan pengunduran diri merupakan hasil diskusi bersama dengan anggota Binpres KONI DIJ lainnya. Hanya, dia berujar keputusan mundur sebetulnya memang datang secara pribadi. Meski dalam kinerjanya, Binpres berjalan secara organisasi.

Hasil di PON memang masih sangat jauh dari yang diharapkan. Dari target 11 medali emas, hanya delapan saja yang berhasil dibawa pulang. Sementara di tabel klasemen DIJ hanya menduduki peringkat 15. Hal tersebut tentu sedikit mengecewakan. Namun, Rumpis menyadari bahwa kompetisi olahraga merupakan hal yang sangat sulit diprediksi.

Belum lagi pagebluk korona yang melanda awal 2020 lalu membuat persiapan atlet terganggu. “PON XX adalah event yang paling berat untuk diikuti. Selain pandemi event digelar di Papua yang secara geografis cukup jauh. Tapi selama PON kemarin, kami melihat semua atlet dan pelatih sudah berjuang maksimal, perjuangan itu pantas di apresiasi,” ujarnya.

Yang jelas, secara prinsip PON XX berjalan lancar bagi kontingen DIJ. Mulai persiapan, keberangkatan, pelaksanaan, dan kembali pulang ke DIJ. Semua dapat dikondisikan dengan baik. Meski tak dipungkiri ada berbagai kekurangan yang muncul dan sulit dihindarkan.

Sebelumnya, pada pembubaran kontingen PON DIJ pada Rabu (10/11), Rumpis tidak hadir karena tengah mendampingi kontingen DIJ di ajang Peparnas XVI Papua. “Saya mohon maaf tidak dapat ikut serta. Semoga setelah pulang dari Peparnas, saya bisa mengajukan surat pengunduran diri,” pungkasnya. (ard/din)

Jogja Sport