RADAR JOGJA – Prestasi membanggakan ditorehkan atlet Ikatan Olahraga Dance Sport (IODI) Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) Nur Oktavian. Vian, sapaannya akan mewakili Indonesia di kejuaraan dunia yang akan digelar di Prancis Desember 2021. Kepastian itu didapat setelah atlet asal Kota Jogja itu sukses menjadi yang terbaik di tingkat nasional.

Vian mengaku sangat senang dan bersyukur bisa mewakili Merah Putih di ajang internasional. Prestasi tersebut tentu sangat membanggakan. Terlebih, untuk mencapai titik tersebut tidak mudah. “Saya sempat sakit sebelum kompetisi jadi nggak maksimal,” ujarnya

Meski dalam keadaan sakit, Vian tetap tampil maksimal dan sukses menyingkirkan para pesaingnya dalam kejuaraan nasional (Kejurnas) yang dihelat di Malang, Jawa Timur (16/10). “Pas babak penyisihan saya masuk 16 besar dan dapat peringkat lima,” katanya.

Nah, di babak 16 besar ia bertemu wakil Jawa Barat. Kemudian di delapan besar bersua peringkat satu dari Bali. “Di semifinal ketemu DKI Jakarta dan finalnya ketemu sama yang kemarin ke SEA Games 2019, Hanafi,” terangnya. “Ya, rezeki masih dikasih kesempatan bisa jadi juara satu. Dari penyisihan ke final terus dua jam itu endurance terkuras juga,” tambah dia.

Ketua Umum Pengurus Daerah (Pengda) IODI DIJ Sasongko Iswandaru menjelaskan, sebetulnya ada dua wakil DIJ yang ikut kejurnas yang juga ajang seleksi nasional alias Seleknas itu. Selain Vian, ada pula Isya asal Sleman. “Tapi cuma satu atlet saja yang dicari di ajang tersebut dan Vian yang berhasil menjadi juara,” paparnya.
Sebelum berlaga di Paris, Vian akan terlebih dulu tampil dalam gelaran expo di Dubai pada November nanti.

Umum KONI DIJ Djoko Pekik Irianto mengapresasi pencapaian Vian mewakili Indonesia di ajang internasional. Djoko Pekik menyebut, prestasi tersebut bisa menjadi contoh pembinaan intensif bagi Pengda di DIJ. “Kami mengucapkan selamat dan terimakasih kepada Pengda IODI DIJ yang sudah membawa Nur Oktavian jadi juara Seleknas. Apresiasi yang luar biasa ini atas perjuangan yang tidak ada habisnya,” paparnya.

Untuk dua kejuaraan tersebut, pria 59 tahun itu berpesan agar dipersiapkan sebaik mungkin. “Monggo tim dari IODI DIJ bersama PP IODI tentu untuk terus intensifkan menuju kejuaraan dunia itu. Selamat berprestasi menuju dunia,’’ tegasnya. (ard/din)

Jogja Sport