RADAR JOGJA – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Jogja bakal menggelar Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) pada 18 Desember mendatang. Kegiatan Musorkot digelar lantaran masa bakti kepengurusan KONI Kota Jogja periode 2018-2022 akan habis pada Mei 2022.

Ketua Umum (Ketum) KONI Kota Jogja Aji Karnanto mengatakan, Musorkot yang sedianya dihelat awal tahun depan memang sengaja dimajukan. Alasannya, supaya tidak berbenturan dengan persiapan menuju Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIJ XVI 2022. “Kalau semua berjalan lancar pelantikan tetap di tahun 2022. Sehingga nanti kepengurusan yang baru bisa mempersiapkan Porda 2022 mulai awal tahun,” kata Aji kepada wartawan di Aula KONI Kota Jogja, kemarin (21/10).

Ketua tim penjaringan dan penyaringan Musorkot KONI Kota Jogja Iriawan Argo Widodo menjelaskan, tahapan awal Musorkot yakni pengambilan formulir bagi bakal calon (Bacalon) ketum. Yang bakal dimulai pada Senin (25/10). “Tahapan-tahapan Musorkot sudah ditetapkan. Tahapan paling awal adalah sosialisasi ke anggota dan tahapan kedua yaitu pengambilan formulir bacalon ketum,” ujarnya.

Nah, rencananya sosialisasi ke anggota akan dilakukan pada hari ini dan besok. Sedangkan untuk pengambilan formulir Bacalon Ketum dimulai pada Senin pekan depan sampai 6 November.

Lantas, setelah pengambilan formulir, tahapan selanjutnya yaitu pengembalian formulir Bacalon Ketum pada 8-20 November. Adapun untuk dua tahapan tersebut akan dilayani sesuai jam kerja kantor KONI Kota Jogja. Mulai pukul 09.00-15.00. “Jadi bukan sampai pukul 00.00,’’ paparnya.

Iriawan menjelaskan, setelah dua tahapan tersebut, pada 22-27 November tim penjaringan dan penyaringan akan mulai melakukan verifikasi berkas administrasi. Kemudian pada 29 November dilanjutkan agenda menyampaikan hasil verifikasi dari berkas-berkas pendaftaran Bacalon Ketum yang masuk. Lalu, pada 1 Desember berkas laporan menuju Musorkot akan disiapkan. “Untuk syarat Bacalon Ketum KONI Kota diwajibkan minimal memiliki dukungan 10 anggota aktif,” terangnya.

Ketua Panitia Musorkot M Syalthut Aridloi menambahkan, untuk pelaksanaan Musorkot pihaknya bakal mengundang 50 organisasi anggota KONI Kota Jogja. Terdiri dari 48 induk cabor dan dua badan keolahragaan fungsional. Juga 14 Koordinator Olahraga Kemantren (Korman). “Untuk Korman kami hanya undang sebagai peninjau. Selain anggota, kami juga akan undang Forkompimda Kota Jogja, Ketum KONI DIJ dan empat perwakilan KONI Kabupaten di DIJ,” bebernya. (ard/din)

Jogja Sport