RADAR JOGJA – Tim rugby putra dan putri Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) sukses melaju ke babak semifinal Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Mereka akan bersua DKI Jakarta di Lapangan Rugby TNI AU, Kabupaten Jayapura, pagi ini (14/10). Kedua tim masing-masing mengumpulkan total 11 dan 7 poin pada perolehan skor pertandingan round-robin atau setengah kompetisi.

Untuk melaju ke partai puncak tim besutan Abdul Mahfudin Alim itu wajib memenangkan laga. Pada pelaksanaan pertandingan hari kedua kemarin (13/10) tim rugby putra mencatat sekali menang dan kalah. Membekuk Jawa Barat dengan skor 14-12 dan dikandaskan DKI Jakarta 12-19.

Sementara, tim putri rugby DIJ harus mengakui keunggulan lawan-lawannya. Pada sesi pertama Fevi Susanti cs dikalahkan tuan rumah dengan skor telak 5-22. Kemudian menyerah 10-19 atas Bali.

Abdul Mahfudin mengatakan, secara keseluruhan anak asuhnya tampil sangat baik pada laga kemarin. Pelatih yang akrab disapa Udin itu punya penilaian sendiri kepada masing-masing timnya. Untuk kekalahan tim putra, dia menyebut timnya hanya kurang beruntung saja. “Alhamdulillah tim putra bermain sangat bagus dan besok (hari ini, Red) kami fokus ke semifinal,” ujarnya saat ditemui usai laga.

Udin berharap pertandingan terakhir kemarin bisa dijadikan pelajaran anak asuhnya untuk menatap babak semifinal. Juga sekaligus melihat bagaimana ciri khas permainan DKI Jakarta. “Mereka tadi menyerang dari pemain-pemain depan dan kami sudah paham itu,” katanya.

Saat ini, tim putra DIJ berada di posisi ketiga klasemen. Sementara peringkat pertama ditempati Papua dengan 15 poin, disusul DKI Jakarta dengan 13 poin. Kemudian peringkat empat ada Aceh dengan sembilan poin. Di fase semifinal, Papua akan melawan Aceh.

Yang pasti, Udin berharap anak asuhnya tetap fokus dan bermain lepas pada pertandingan nanti. Apalagi, lanjutnya, DKI Jakarta memang lebih berpengalaman ketimbang DIJ. Namun, secara kualitas dia menilai kedua tim berimbang karena sama-sama dihuni pemain tim nasional (Timnas). “Kami respect mereka sangat bagus. Tapi mudah-mudahan keberuntungan ada pada kami,” harap Udin.

Lantas, bagaimana dengan penampilan tim putri? “Tim putri juga lumayan bagus,” bebernya. Terlebih, tim putri sendiri tidak tampil dalam kekuatan penuh lantaran dua pemainnya tengah dibekap cedera. Keduanya yakni, Fisna Deska Puspitaningtyas dan Diva Anindya Sahrani. “Cedera Fisna di hari pertama cukup mengganggu tim jadi down tapi hari ini (kemarin, Red) mereka comeback,” jelasnya.

“Mohon doanya untuk laga semifinal rugby, semoga tim DIJ bisa lolos ke babak final,” harap Ketua Bidang (Kabid) Pembibitan dan Pembinaan Prestasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIJ Agung Nugroho. (ard/din)

Jogja Sport