RADAR JOGJA – Cabang olahraga (cabor) pencak silat Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) berhasil melaju ke partai final Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Pesilat andalan DIJ Firdhana Wahyu Putra yang turun di kelas J bakal bertemu atlet Papua, Putra Hidayana di GOR Toware, Kabupaten Jayapura, siang ini (12/10).

Sebelumnya, pada babak semifinal Firdhana sukses membekuk pesilat Jawa Barat Eri Budiono. Ia menang telak 5-0 di GOR Toware, Minggu (10/10).
Pelatih pencak silat DIJ Bambang Mujiono optimistis timnya bisa mengatasi tuan rumah. Meraih kemenangan dan mempersembahkan medali emas untuk Kota Gudeg. “Kami memohon dukungan dan doa supaya Firdhana bisa memenangkan pertandingan di final,” harapnya.

Sementara itu, cabor kempo juga bakal melanjutkan perjuangannya di babak semifinal. Turun di nomor randori kelas 70 kilogram (kg) atlet andalan DIJ Kristowirawan akan bertemu wakil Sumatera Barat di GOR STT Gidi, Kabupaten Jayapura, hari ini.

Menghadapi pertandingan nanti, pelatih kempo DIJ Agung Wibowo mengaku sudah menyiapkan strategi untuk membendung lawan yang notabene atlet senior. “Kristo secara usia dan pengalaman dibawah lawan tapi kami optimistis taktik dan strategi kita untuk rebut emas bagi DIJ,” tegasnya.
Yang pasti, Agung berharap dukungan dan doa dari seluruh masyarakat DIJ agar pertandingan berjalan lancar. “Semoga dapat hasil yang positif dan bisa melaju ke babak selanjutnya. Apalagi ini PON pertama Kristo dan di semifinal ini hampir atlet senior semua yang tampil,” pungkasnya. (ard/bah)

Jogja Sport