RADAR JOGJA – Tim rugby Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) sudah mendarat di Papua sejak 7 Oktober lalu. Mereka memberangkatkan total 28 orang di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Lantas, bagaimana adaptasi tim besutan Abdul Mahfudin Alim itu selama lima hari di Bumi Cenderawasih?

Kapten tim rugby Fevi Susanti mengatakan, tim dalam kondisi baik. Meski tak dipungkiri perjalanan panjang menuju Papua cukup melelahkan dan berdampak pada stamina timnya. “Hari pertama kondisinya capek dan engap karena lebih panas. Karena kami kan banyak transit-nya, jadi benar-benar lelah sekali,” kata Fevi Kepada Radar Jogja.

Kendati demikian, ia menyebut proses adaptasi tim berjalan lancar. Hanya, cuaca di Papua dinilai jauh lebih panas ketimbang di Jogjakarta. Beruntung, soal cuaca sudah diantisipasi betul oleh sang pelatih. “Pelatih sudah mempersiapkan sebelumnya di Jogja kami ada latihan di jam 2 siang. Jadi Alhamdulillah untuk penyesuaian di Papua bisa dibilang cepat,” ujar Fevi.

Begitu juga dengan adaptasi makanan, Fevi berujar tim pelatih sudah mempersiapkan dengan sangat baik. Sehingga hal tersebut tak terlalu menjadi kendala. Alias aman-aman saja. “Sudah mempersiapkan bekal dari Jogja kayak abon dan Gudeg instan yang bisa dipanasin gitu. Beras juga kami bawa kesini untuk masak sendiri,” ujarnya. Itu dilakukan sebagai antisipasi jika makanan yang disediakan nantinya kurang cocok bagi para atlet.

Selama di Papua, tim rugby menginap di kompleks AURI Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua. Fevi menuturkan┬ásecara umum fasilitas penginapan terbilang cukup oke dan lengkap. Namun, tim rugby sempat mengalami sedikit kendala. “Kami kekurangan air untuk mandi jadi mandinya gantian. Ada yang macet pompa air nggak ngalir,” ungkap atlet 25 tahun itu.

Sesuai jadwal, pagi ini tim rugby DIJ akan memulai kiprahnya di PON XX. Pada hari pertama tim putri bakal bersua Jawa Barat. Kemudian bertemu Aceh dan DKI Jakarta. Sedangkan tim putra menghadapi Papua, Banten, dan Aceh. Adapun pertandingan rugby digelar sampai 14 Oktober di Lapangan Rugby TNI AU, Kabupaten Jayapura. (ard/bah)

Jogja Sport