RADAR JOGJA – Hari ini, tim tarung derajat Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) akan memulai kiprahnya di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Petarung yang akan bertanding adalah Willy Brondus. Pada partai perdana ini, Willy bertemu petarung asal Banten.

Pelatih tarung derajat DIJ Dedih Kusnadi optimistis timnya bisa melaju ke partai final dan menyabet medali emas. Itu tak lepas dari hasil pertemuan kedua atlet. Di atas kertas, Dedih menyebut Willy jauh lebih baik ketimbang pesaingnya tersebut.

Nah, apabila berhasil mengandaskan wakil Banten, sesuai bagan pertandingan, atlet asal Kota Jogja itu akan bersua petarung wakil Papua yang mendapatkan bye di pertandingan pertama.

Meski menghadapi wakil tuan rumah Dedih tak mempermasalahkan. Sebab, dia sangat yakin akan kemampuan Willy. Dia optimistis anak asuhnya tersebut bisa mengatasinya. “Memang wakil tuan rumah tidak ikut di Pra-PON, jadi secara kekuatan kami belum mengetahuinya,” ujarnya kemarin.

Kendati demikian, menilik rekam jejak sang calon lawan, kemungkinan wakil Papua di kelas 70-75 kilogram (kg) adalah atlet baru. “Ya, semoga saja kemampuan Willy mampu mengatasinya. Karena kalau mampu mengalahkan tuan rumah, Willy akan masuk final,” tambah Dedih.
Soal persaingan di kelas 70-75 kg, terdapat enam atlet perwakilan provinsi se-Indonesia. Di pool yang ditempati Willy, ada tiga daerah. Antara lain, DIJ, Banten, dan Papua. Sedangkan untuk pool lainnya, akan bertemu perwakilan dari Nusa Tenggara Barat (NTB), Kalimantan Barat, dan Aceh.

Dedih berujar, pool tersebut persaingannya sangat ketat. Bahkan, dia menyebut seperti pool neraka. Beruntung, Willy tidak tergabung di pool itu. “Pool yang diisi NTB, Kalbar, Aceh itu berat karena atlet-atlet pengalaman ada di sana,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, petarung Aceh sebelumnya pernah mengalahkan Willy di final Pra-PON. “Semoga besok ketemu lagi di final dan Willy bisa menang,” harapnya.

Yang pasti, Dedih menegaskan Willy dalam kondisi sehat dan siap tarung. Dia juga meminta doa dan restu kepada seluruh masyarakat DIJ agar tim tarung derajat mendapat hasil terbaik hari ini. “Dia sudah mengikuti tes kesehatan dan penimbangan badan,” pungkasnya. (ard/din)

Jogja Sport