RADAR JOGJA – Kontingen Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) berpeluang menambah medali lewat cabang olahraga (cabor) catur, lewat pecatur andalan DIJ Muhammad Kahfi di nomor catur cepat.

Saat ini, atlet asal Sleman itu menempati posisi ke-2 klasemen dengan mengemas total 3,5 poin dari empat babak. Pada hari pertama pertandingan catur nomor catur cepat di Swissbel In Merauke, Rabu (6/10), Kahfi berhasil memenangkan tiga pertandingan dan sekali remis.

Dari total sembilan babak, Kahfi telah menyelesaikan empat babak. Peluang Kahfi menyumbang medali pun terbuka oebar karena dua pesaingnya, mampu dikalahkan dan diimbangi kemarin. Keduanya yakni, MI Yoseph Theolifus Taher dan MF Arif Abdul Hafiz.

Kahfi sukses membekuk andalan tuan rumah Papua, MI Yoseph Theolifus Taher pada babak ketiga. Sedangkan hasil imbang kontra MF Arif Abdul Hafiz asal Jawa Barat diraih pada babak keempat. Tak hanya itu, dia juga meraih kemenangan atas MN M Miftahurrahman (NTB) dan MN Nurdin Simanjuntak (Riau). “Peluang Kahfi memang lebih ringan untuk bisa meraih hasil maksimal di nomor catur cepat ini, karena sudah melewati dua pecatur top yang meraih emas dan perak catur kilat,” ujar pelatih catur DIJ Bima Triardi kemarin.

Adapun nomor catur cepat dihelat selama tiga hari. Pada hari pertama menandingkan empat babak, disusul hari kedua hari ini (7/10) ditandingkan empat babak dan besok (8/10) akan ditandingkan satu babak terakhir. “Hari ini (kemarin, Red) kami sudah selesaikan empat babak. Jika di empat babak selanjutnya kami akan maksimalkan lagi,” katanya.

Di empat babak hari ini, Kahfi akan bersua MN Ishak Rianjar, MN Ruby Tamono, MN M Johan, IM Tirto. Sementara di babak terakhir akan bertemu pemimpin klasemen MN Octo Dami. “Mudah-mudahan Kahfi bisa meraih hasil maksimal dan mempersembahkan medali emas,” harapnya.

Di PON XX Papua 2021, Kahfir turun di tiga nomor, yakni perorangan cepat terbuka putra, perongan kilat terbuka putra, dan perorongan standar terbuka putra. (ard/din)

Jogja Sport