RADAR JOGJA – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjamin keamanan laga derby Mataram di Liga 2 2021. Diketahui dua raksasa Mataram, Persis Solo dan PSIM Jogjakarta bertemu di Grup C Liga 2. Kedua tim ini akan bertanding di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (12/10).

Gibran tak menampik tensi pertandingan antar kedua tim sangatlah tinggi. Tak hanya terjadi di lapangan tapi juga di tribun penonton. Walau begitu putra sulung Presiden Joko Widodo ini menjamin keamanan para pemain PSIM selama berada di Solo.

“Ya mungkin nanti ada untuk keamanan ada sedikit pengetatan dan perlakuan khusus. Tapi saya yakin pasti aman,” jelasnya ditemui di Balaikota Pemkot Jogja, Kamis (7/10).

Tak hanya kepada PSIM, perlakuan yang sama juga diterima oleh klub-klub lainnya. Gibran menjamin semua klub yang tergabung di Grup C tetap aman. Baik saat menjalani latihan maupun laga tanding.

“Sejauh ini aman-aman aja kok, latihannya juga aman. Tenang saja, itu jadi tanggungjawab saya,” katanya.

Gibran meminta semua tim suporter dapat menahan diri. Menonton dari rumah dan tidak mendatangi lokasi pertandingan. Tak hanya untuk pendukung PSIM dan Persis Solo.

Selain mematuhi regulasi kompetisi juga adanya pandemi Covid-19. Apabila datang ke stadion Manahan maka akan menimbulkan kerumunan. Alhasil bisa berpotensi menularkan Covid-19.

“Saya menyarankan untuk menahan diri dulu untuk menonton dari rumah saja. Semuanya itu sedulur, kabeh bolo. Jadi enggak perlu yang aneh-aneh,” pesannya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti. Dia berharap Derby Mataram menjadi ajang pertemuan yang akrab. Menjadi momen bertemunya Laskar Sambernyawa dan Laskar Mataram.

Haryadi meminta kepada seluruh pendukung tim PSIM untuk tetap di rumah. Tidak perlu mendatangi Stadion Manahan untuk memberikan dukungan. Apabila tetap nekat tentu berkonsekuensi atas aturan kompetisi Liga 2 2021.

“Jadwal Liga 2 mempertemukan antara Persis Solo dan PSIM. Kita jaga agar semua berjalan baik dan lancar. Ini adalah laga persahabatan,” ujarnya.

Guna melengkapi pertemuan, kedua pemimpin wilayah ini saling bertukar Jersey Tim. Gibran mendapatkan Jersey PSIM dengan nomor punggung 265. Angka ini bertepatan dengan HUT Kota Jogja ke 265.

“Ya maknanya persahabatan, kalau dua wali kota yang satu memegang jerseynya Solo, beliau (Gibran) megang jerseynya PSIM itu adalah tanda persahabatan,” katanya.(Dwi)

Jogja Sport