RADAR JOGJA – Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) rencananya akan dihelat 2022 mendatang. Namun, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Jogja sepakat memajukan kegiatan tersebut pada akhir tahun ini. Keputusan itu diambil dalam rapat pleno pengurus KONI Kota Jogja beberapa waktu lalu.

Ketua Umum (Ketum) KONI Kota Jogja Aji Karnanto mengatakan, alasan kegiatan yang salah satu agenda utamanya adalah pemilihan ketua umum itu dimajukan karena pertimbangan beberapa hal. Pertama, KONI Kota Jogja ingin lebih fokus mempersiapkan atlet-atlet menuju Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI DIJ di tahun yang sama. “Sehingga pada pleno pengurus kemarin, diputuskan Musorkot dimajukan ke Desember nanti,” ujar Aji.

Adanya agenda multievent olahraga dua tahunan itu, KONI Kota Jogja memilih fokus menjalankan pemusatan latihan kota (Puslatkot). Sedangkan alasan lainnya, yakni soal administrasi yang berkaitan dengan anggaran dana kegiatan. Sebab, administrasi anggaran tersebut masih terkait dengan persiapan Porda.
“Persiapan Porda itu akan menyedot anggaran besar yang disiapkan untuk cabor-cabor. Maka agenda Musorkot tidak kami masukkan di 2022, tapi kami masukkan ke anggaran 2021,” jelas Aji.

Sementara itu, Sekretaris Umum KONI Kota Jogja Iriantoko Cahyo Dumadi menuturkan, untuk memaksimalkan persiapan pelaksanaan Musorkot, KONI Kota Jogja sudah membentuk kepanitiaan. Salah satunya membentuk tim penjaringan dan penyaringan untuk menerima pendaftaran bakal calon ketum. “Untuk tanggal-tanggal tahapan itu akan dimulai, akan segera disiapkan oleh tim,” paparnya. (ard/din)

Jogja Sport