RADAR JOGJA – Cabang olahraga (cabor) terbang layang berpeluang membuka perbendaharaan medali kontingen Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Itu tak lepas dari hasil apik yang didapat dua atlet andalan DIJ yakni, Aris Wibowo dan Lilis Khrisnawati pada penerbangan ronde kedua nomor precision landing single seat.

Ketua Kontingen DIJ di Mimika Topan Faisal Rizal mengatakan, Aris dan Lilis sama-sama mencatatkan hasil memuaskan saat tampil di ronde kedua kemarin. Hanya, Topan menyebut peluang terbesar ada di Lilis. “Aris juga hasilnya bagus. Semoga mereka kedua bisa meraih medali. Ya, syukur-syukur dapat emas,” ujar Topan kemarin.

Topan berujar, menilik dari hitungan tim pesaing Lilis di nomor putri yakni dari Jakarta. Sedangkan dua daerah yang menjadi kompetitor terkuat Aris adalah Jakarta dan Papua.

Sebelumnya, kedua atlet terbang layang DIJ telah menyelesaikan dua kesempatan terbang untuk flight A. Nilai keduanya akan digabungkan dan di ranking dengan atlet lain yang tergabung di flight B. Di flight B, DIJ diperkuat dua atlet andalannya, Danang Tri Nugroho dan Erna Ervina Lona.

Hanya saja, kemarin kedua atlet yang tergabung di flight ini gagal terbang karena terkendala waktu. “Yang flight B sudah terbang setengah. Tapi pas kesempatan Danang dan Lona, batal karena sudah terlalu gelap,” bebernya.

Sementara itu, tim polo air putri DIJ kembali takluk di laga kedua kontra tim kuat juara Pra PON, Jawa Barat. Tim sebutan Ardi Lazurdi itu kalah dengan skor 4-21 di Kolam Renang Arena Akuatik Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, kemarin sore.

Ardi menilai jalannya pertandingan kurang lebih sama seperti game perdana lalu. Plus ada beberapa strategi pelatih yang belum diaplikasikan anak asuhnya dengan baik. “Ya, karena dengan kurangnya jumlah pemain kita harus lebih cerdas lagi bermain agar permainan bisa ada di level tinggi selama empat babak,” katanya.

Selain polo air, cabor gantole juga sudah memulai perlombaan. Tim yang diperkuat Muhammad Rosyid Ridho itu masih mencoba menyelesaikan kesempatan terbang di nomor ketepatan mendarat. (ard/din)

Jogja Sport