RADAR JOGJA – Rencana bergulirnya kompetisi tak hanya disambut antusias oleh klub Liga 1. Namun, juga peserta Liga 2. Salah satunya datang dari wakil Liga 2 DIJ, PSIM Jogja.

Klub berjuluk Laskar Mataram itu lega akhirnya ada kabar soal pelaksanaan kompetisi sepak bola tanah air. Apalagi, sudah setahun lebih liga terhenti akibat pandemi Covid-19. “Yang pasti kami menyambut baik rencana kompetisi yang dimulai 20 Agustus. Tentu itu kan jadi kabar bagus untuk kami klub Liga 2,” kata Media Officer (MO) PSIM Ditya Fajar Rizkizha kepada Radar Jogja, Kamis (5/8).

Meski begitu, klub kebanggaan Brajamusti dan The Maident itu sangat berharap PSSI menepati janji menggulirkan kompetisi sesuai rencana. Mengingat sudah berulang kali liga mengalami penundaan. Hal tersebut tentu membuat klub-klub peserta khawatir, jika nantinya hal serupa terjadi lagi.

Di sisi lain, seandainya Liga 1 dimulai pada 20 Agustus, diperkirakan Liga 2 berlangsung dua atau tiga minggu setelah Liga 1 berjalan. Terkait kick off Liga 2, LIB belum menentukan jadwal. Rencananya mereka akan menggelar pertemuan virtual dengan perwakilan klub terlebih dulu.

“PSSI harus menjalankan kompetisi karena bisa berpengaruh terhadap penilaian FIFA, AFC, dan AFF terhadap kami. Apalagi kami juga akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, play off Kualifikasi Piala Asia 2022 dan Kualifikasi Piala AFC U-23,” papar Sekjen PSSI Yunus Nusi seperti dilansir dari situs resmi PSSI.

Laskar Mataram sendiri sejak awal begitu bersemangat untuk berkompetisi. Bahkan, klub berlogo Tugu Pal Putih itu sudah memulai latihan sejak awal pekan ini. “Selain menjaga sentuhan dan kondisi fisik pemain, ini juga sebagai persiapan kompetisi yang rencananya digelar bulan September,” beber Ditya.

Sayang, dalam sesi latihan yang digelar di Lapangan Futsal Wisma PSIM itu, skuad Laskar Mataram belum lengkap. Ada tujuh pemain yang absen karena masih berada di luar kota. “Soal pemain kami harapkan semua sudah komplit minggu depan, dan bisa mengikuti latihan,” ucap pria 30 tahun itu.

Sementara itu, pelatih fisik PSIM Asep Ardiansyah menuturkan, selama sepekan ini Aditya Putra Dewa cs hanya diberi materi latihan ringan. Latihan tersebut difokuskan untuk mengembalikan kondisi fisik pemain pasca diliburkan sejak 19 Juli lalu. (ard/bah)

Jogja Sport