RADAR JOGJA – KONI Kota Jogja mulai bersiap menghadapi Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIJ XVI 2022. Senin (2/8), mereka mencanangkan atlet pemusatan latihan kota (puslatkot) di kantor setempat. Pencanangan tersebut dilakukan langsung oleh Kadisdikpora Kota Jogja Budi Santosa Asrori dan Ketua Umum KONI Kota Jogja Aji Karnanto.

Sebanyak 752 atlet tergabung dalam puslatkot. Dengan rincian 645 atlet dan 107 pelatih yang berasal dari 39 cabor anggota KONI Kota Jogja. Dari jumlah tersebut, PSSI menjadi induk organisasi penyumbang atlet dan pelatih terbanyak yakni 75 personel. Terdiri dari 45 sepak bola dan 30 untuk futsal.

Budi Asrori berpesan kepada pengurus KONI Kota Jogja, cabang olahraga (cabor), pelatih dan atlet untuk semangat dalam menjalani program puslatkot. Sebab, menurut dia target juara umum bisa tercapai jika program puslatkot dilaksanakan dengan disiplin tinggi dan para atlet latihan sesuai program yang ditetapkan KONI Kota Jogja.
“Kami harap atlet-atlet Kota Jogja terus berlatih maksimal. Targetnya jelas, agar di Porda kami bisa juara umum,” ujar Budi, kemarin (2/8).

Sementara itu, Aji Karnanto berharap puslatkot bisa membantu memaksimalkam program latihan atlet. Aji mengatakan, untuk mencapai target yang dibidik pihaknya akan menerjunkan seluruh pengurus untuk melakukan pendampingan terhadap cabor. Salah satunya dengan melakukan pemantauan langsung peserta Puslatkot. “Tujuannya untuk menggali kebutuhan dan kendala yang dihadapi cabor selama latihan berlangsung,” katanya.

Kemudian, masukan dan hasil monitoring tersebut akan dijadikan bahan evaluasi KONI Kota Jogja. “Nanti yang memonitor adalah teman-teman pendamping dari pengurus KONI. Masukan dan arahan program ini akan menjadi bahan evaluasi setelah Agustus dan September,” papar Aji.

Perwakilan atlet Dian Ramadhan mengaku sangat senang dengan digelarnya program puslatkot. Sebab, adanya kegiatan ini, kata Dian, para atlet bisa mulai berlatih dengan maksimal. “Kami juga mendapatkan bantuan dari KONI dalam proses latihannya,” beber atlet panahan yang sukses meraih emas di Porda DIJ 2019 itu. (ard/bah)

Jogja Sport