RADAR JOGJA – PT Liga Indonesia Baru (LIB) membuka opsi Liga 2 diselenggarakan di luar Pulau Jawa. Itu tak lepas dari usulan sejumlah klub yang ingin kompetisi divisi dua itu digelar di luar Jawa. Kasus positif Covid-19 yang masih tinggi, terutama di Pulau Jawa menjadi pertimbangannya.

Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita menyebut, pelaksanaan kompetisi di luar Jawa saat pandemi memang cukup realistis. Apalagi, sebelumnya lima tim asal Sumatera dan Kalimantan menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah babak penyisihan grup. Sebut saja PSMS Medan, Sriwijaya FC, PSPS Riau, Kalteng Putra, dan Persiba Balikpapan.

Salah satu klub yang setuju liga diputar di luar Jawa adalah PSIM Jogja. Alasannya karena sampai saat ini Jawa menjadi provinsi teratas lonjakan kasus Covid-19. Sehingga, manajemen PSIM pun ingin masukan-masukan dari klub menjadi bahan pertimbangan PT LIB dan PSSI.

Sebelumnya LIB berencana menggunakan format empat wilayah. Namun, keputusan itu mendapat banyak penolakan dari kontestan klub. Sebab, dengan format baru tersebut, otomatis jumlah pertandingan yang akan dimainkan lebih sedikit. Mereka ingin Liga 2 digelar dengan format lama, yakni dua wilayah.

Soal format, lantas, bagaimana respons PSIM? Caretaker PSIM Farabi Firdausy menegaskan, sejak awal pihaknya sepenuhnya mengikuti keputusan operator kompetisi. Asal, pertandingan berlangsung di tempat netral. “Kami siap dengan berbagai format, mau dua atau empat grup. Tapi venue netral tanpa tuan rumah,” ujar pria yang akrab disapa Abi itu saat dihubungi Radar Jogja, Selasa (27/7).

Hanya saja, lanjut Abi, sampai saat ini PT LIB belum menjalin komunikasi lagi dengan klub-klub Liga 2. Baik secara formal maupun informal. “Dengan waktu yang terus berjalan, PSIM sifatnya sekarang menunggu kepastian kompetisi kapan, baru bicarakan formatnya bagaimana,” paparnya.

Sebagaimana diketahui, PSSI berencana memutar kompetisi pada akhir Agustus mendatang. Atau setelah penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali berakhir. (ard/din)

Jogja Sport