RADAR JOGJA – Setelah sempat diliburkan, penggawa PSIM Jogja mulai berkumpul kembali. Belum memulai latihan. Tapi menjalani vaksinasi dosis kedua di Puskesmas Pembantu Umbulharjo, Kota Jogja, Senin pagi (19/7). Program vaksinasi yang difasilitasi Pemkot Jogja itu sebagai salah satu persiapan menghadapi Liga 2 2021.

Caretaker Manajer PSIM Farabi Firdausy mengatakan, vaksinasi kedua kemarin berjalan lancar. Tak hanya pemain namun juga diikuti seluruh ofisial klub berjuluk Laskar Mataram itu. “Aman pemain juga ikut semua, tidak ada kendala dari tim. Semua ikhtiar bahwa vaksin ini bisa melindungi kami dari gejala parah Covid-19,” kata pria yang akrab disapa Abi itu kepada Radar Jogja, kemarin (19/7).

Yang pasti, Abi berharap adanya vaksinasi setidaknya bisa melindungi elemen tim dari paparan Covid-19. Dia juga menegaskan, pihaknya tetap mengutamakan protokol kesehatan (prokes) sebagai pelindung utama. Artinya perilaku hidup bersih dan sehat juga aktif diterapkan. “Prokes Covid-19 tidak boleh ditinggalkan meski sudah divaksin, itu yang selalu kami tekankan kepada seluruh anggota tim,” paparnya.

Sementara itu, gelandang PSIM Aditya Putra Dewa bersyukur menerima vaksinasi dosis kedua. Dewa berujar secara umum tidak ada dampak yang dirasakan usai mengikuti vaksinasi. “Alhamdulillah kalau saya pribadi tidak terlalu merasakan adanya reaksi yang berlebihan,” katanya.

Pemain 31 tahun itu berharap adanya vaksinasi ini pandemi dapat segera berakhir dan program vaksinasi di Indonesia bisa berlangsung merata. “Yang paling penting sih buat kami pesepakbola, kompetisi secepatnya bergulir agar gairah olahraga bisa kembali lagi. Dan membangkitkan semangat negeri kita ini seperti sedia kala,” ucap Dewa.

Saat ini, skuad Laskar Mataram masih diliburkan. Meski libur, para pemain diberi program latihan mandiri untuk menjaga kebugaran. Sebetulnya, Yoga Pratama cs dijadwalkan kembali latihan bersama saat masa PPKM berakhir hari ini. Sayang, rencana itu sepertinya urung terlaksana lantaran masa PPKM di Kota Gudeg kabarnya bakal diperpanjang hingga akhir bulan ini. (ard/pra)

Jogja Sport